Hiatus Selamanya? "Seiyuu" V-Tuber Kizuna AI Dipastikan Mundur Akhir Maret 2024

Pop Kultur 29 Mar 2024

Berita mengejutkan datang dari dunia Virtual Youtuber. Sepuh dari para sepuh Virtual Youtuber atau bisa disebut sebagai Virtual Youtuber pertama di dunia, Kizuna AI dipastikan benar-benar tak lagi tampil.

Hal ini dikarenakan sang "seiyuu" yang mengisi suara Kizuna AI sebelumnya, Nozomi Kasuga dipastikan tak lagi memperpanjang kontraknya yang akan habis sebentar lagi, yakni pada 31 Maret 2024. Pengumuman ini sendiri disampaikan via akun Twitter resmi @KizunaAIinc serta akun dari Nozomi Kasuga sendiri.

Berikut isi pesan dari seiyuu Nozomi Kasuga:

"Saya dengan tulus berterima kasih kepada semua fans, staf, dan mitra kami atas dorongan dan dukungannya. Terima kasih banyak. Hari-hari yang saya habiskan sangat berharga dan berarti dalam hidup saya, saya percaya pengertian dan dukungan kalian memungkinkan saya untuk berada di sini hari ini. Meskipun saya mengundurkan diri, yakinlah saya tetap mendukung aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan Kizuna AI."

Kizuna AI sebelumnya sempat mengumumkan hiatus setelah menggelar konser akbar terakhirnya “hello, world 2022″ di YouTube pada 2022 lalu. Terakhir kali Kizuna AI sempat muncul ialah di Desember 2023 untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-7.

Siapa itu Kizuna Ai?

Kizuna Ai merupakan salah satu pelopor dari tren virtual youtuber yang berkembang saat ini. Kizuna Ai melakukan debut pertamanya di Youtube pada bulan November 2016 dan di Nico-Nico pada bulan Januari 2017. Selama menjadi virtual youtuber, Ai juga membuka kanal gaming serta merilis berbagai karya musik. Dirinya sudah menerbitkan sebuah album yang diberi judul “hello, world” yang diterbitkan pada tahun 2019 dan 3 buah single yaitu “Hello, Morning EP” (2019), Precious Piece ‎(2019), dan juga Replies (2020).

Kepopuleran Kizuna Ai tidak hanya berhenti di Jepang saja, karena beberapa di tahun 2021 silam, Kizuna Ai melakukan konser virtual di Amerika Serikat, tepatnya di daerah New York dan Los Angeles. Selain itu, Kizuna AI juga sempat mendapatkan sebuah adaptasi game Kizuna AI touch the Beat serta sebuah anime berjudul Kizuna no Allele.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.