Mobil terbaru dari Ferrari, 12Cilindri (Foto: Ferrari)

Ferrari Rilis Mobil Terbaru, Pertahankan Mesin 12 Silinder

Otomotif 4 Mei 2024

Pada Kamis (2/5) kemarin lusa, pabrikan otomotif dengan logo ikoniknya yang bersiluet kuda jingkrak, Ferrari merilis mobil terbaru mereka yang dinamakan 12Cilindri.

Dilansir dari MotorAuthority, Sesuai namanya, mobil ini mengusung mesin V-12 6,5 liter bertenaga 819 dk yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan berteknologi dual-clutch.

Menurut klaim Ferrari, mobil ini dapat melesat dari 0-100 kpj dalam kurun waktu 2,9 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 211 mil per jam (setara 339 kilometer per jam.)

Model flagship terbaru Ferrari, 12Cilindri (Foto: Ferrari)

Mobil yang menjadi penerus dari model 812 Superfast ini, menggunakan platform baru yang dikembangkan oleh Ferrari, bersama dengan model SUV mereka, Purosangue.

Menggunakan desain berbasis aluminium, platform ini, dapat mengakomodir berbagai jenis mesin, jarak roda, hingga konfigurasi tempat duduk. Bahkan, platform ini menurut Ferrari dapat dikonfigurasikan dengan teknologi mesin hibrida dan penggerak empat roda.

Mesin v12 lansiran terbaru dari pabrikan Italia ini, berkode F140HD, dapat meraung hingga 9500 rpm, dengan 80% dari torsinya yaitu 678 nm tersedia pada putaran bawah hingga 2500 rpm, menurut Ferrari.

Dengan siluet eksterior yang terinspirasi dari model 365 GTB/4 Daytona, tim desain mereka, yang diketuai oleh Flavio Manzoni, terlihat berusaha keras dalam mengurangi garis lekukan berlebih yang menjadi ciri khas pada model Ferrari sebelumnya, membuat mobil ini memiliki tampilan yang lebih modern.

Model convertible dari Ferrari 12Cilindri, 12Cilindri Spider (Foto: Ferrari)

Jarak sumbu roda pada mobil ini pun telah dikurangi 0,8 inchi (sekitar 20,32 mm), serta, dengan tambahan fitur yang dapat membelokkan roda belakang secara bersamaan (rear-wheel steering), membuat mobil ini lebih gesit ketika dikendarai, menurut Ferrari.

Interior dari model terbaru Ferrari, 12Cilindri (Foto: Ferrari)

Model ini akan mulai dijual oleh Ferrari pada akhir tahun ini, dengan harga yang berkisar di angka $400.000 (sekitar Rp6,39 Miliar.)

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.