Homepage Spotify Web Player. (Sumber: CNN)

Rumor Fitur Audio Lossless di Spotify, Kapan Rilis?

Teknologi 7 Mei 2024

Spotify, perusahaan streaming musik dan podcast asal Swedia, telah lama mengembangkan fitur streaming musik lossless atau hi-fi.

Pada tahun 2021, Spotify umumkan fitur Spotify Hi-Fi melalui Stream On, konferensi besar yang diadakan setiap tahun, serta situs resminya. Sayangnya, sejak itu, informasi lebih lanjut mengenai perilisan Spotify Hi-Fi hengkang.

Bocoran Fitur Lossless

Tiga tahun kemudian, tangkapan layar user interface Spotify versi baru menjadi perbincangan karena menunjukkan bahwa audio lossless mungkin akan datang sebentar lagi.

Seri Tangkapan Layar Spotify 1.2.36 di Desktop. (Foto: The Verge)

Dilansir dari The Verge, rumornya versi 1.2.36 akan mendukung audio lossless jika sesuai dengan tangkapan layar yang OhItsTom bocorkan pada hari Rabu (01/05) kemarin.

Menurut tangkapan layar di atas, pengaturan kualitas streaming memiliki opsi lossless, namun hanya akan dimainkan jika lagu tersebut memiliki versi lossless. Kecepatan playback audio lossless mencapai 2,117kbps dan mengonsumsi data sampai 15,9MB per menit. Versi 24-bit/44.1kHz yang umumnya ditemukan di tipe file FLAC (seperti musik di CD) juga mungkin akan tersedia di “lagu-lagu tertentu”.

Cara Mengatasi Komputer Kantor No Booting dengan Tepat
Masalah display atau booting pada komputer adalah ketika komputer tidak dapat menampilkan tampilan pada layar monitor atau gagal melakukan proses booting.

Spotify juga dapat mendeteksi secara otomatis apakah perangkat yang memutar lagu mendukung audio lossless. Spotify menyarankan untuk menggunakan perangkat berkabel atau Spotify Connect, karena perangkat Bluetooth tidak sepenuhnya mendukung audio lossless.

Selain itu, ada opsi untuk mengunduh lagu versi audio lossless.

Seri Tangkapan Layar Spotify 1.2.36 di Desktop. (Foto: The Verge)

Dalam seri tangkapan layar yang kedua, terlihat bahwa sepertinya Spotify melakukan rebranding fitur ini dari Hi-fi ke Lossless.

Melalui kolom komentar unggahan tersebut, OhItsTom juga menambahkan bahwa file audio lagu lossless masih belum disertakan dalam katalog Spotify, dan secara internal fitur "Hi-fi" disebut "Enhanced Listening".

Apa Itu Audio Lossless?

Audio lossless atau hi-fi (high fidelity) merupakan file audio tanpa ada data yang hilang akibat kompresi. Karena itu, audio lossless sangat detail, ibarat mendengarkan musik secara live.

Layanan streaming lainnya seperti Apple Music, Amazon Prime Music, dan Tidal sudah mendukung playback audio lossless.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.