YouTube Makin 'Menyebalkan' dengan Iklan Saat Pause Video

Teknologi 1 Mei 2024

MediaFormasi.com - Akhir-akhir ini YouTube tidak henti-hentinya untuk memastikan pendapat dari iklan tetap terus mengalir dengan 'memaksa' pengguna untuk menonton iklan atau berlangganan YouTube Premium.

Baca Juga: [Opini] Kamu Tidak Berhak (dan Berhak) Blokir Iklan di YouTube

Kali ini, platform online streaming tersebut mulai menggunakan strategi lain dengan memunculkan iklan saat video di-pause.

Pause Video dan Iklan Pun Muncul

Dilansir dari Android Authority, YouTube menjajal fitur di mana iklan bakalan muncul saat video di-pause melalui aplikasi YouTube untuk Smart TV. Philipp Schindler selaku Chief Business Officer Google menjelaskan bahwa fitur tersebut adalah format baru periklanan yang lebih tidak intrusif.

YouTube mengklaim bahwa uji coba ini mendapatkan respon positif pada Q1 dan kemungkinan besar ke platform lainnya, mulai dari smartphone Android, iOS, maupun PC di kemudian hari untuk region tertentu.

Lebih Banyak Iklan atau YouTube Premium? Your Choice

Contoh Youtube Premiium 2024

Sekali lagi, orang akan melihat kebijakan YouTube dalam dua hal - meningkatkan pendapatan ataupun mendukung content creator yang telah berkontribusi dalam ekosistemnya. Orang-orang mungkin lebih berharap YouTube melakukan kebijakan ini demi alasan kedua dibandingkan yang pertama.

Jadi, apakah iklan yang diputar saat video dijeda adalah langkah yang baik bagi YouTube? Hanya waktu yang akan menjawab pertanyaan ini. Yang pasti, YouTube terus berusaha untuk mencari cara baru dalam menghasilkan pendapatan tanpa mengganggu pengalaman menonton pengguna.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)