Menu Tutup

Membuat Aplikasi Windows Tanpa Coding? Kenapa Tidak? [TUTORIAL, Part 1]

Hai Readers!
Kamu ingin membuat aplikasi untuk Window dan Windows Phone? Namun kamu tidak bisa programming?
Tenang! Microsoft menyediakan tool online yang bernama Windows App Studio (Beta) yang dapat membantu kamu membuat aplikasi Windows dan Windows Phone tanpa harus coding dan tahu dasar pemrograman!
Media Formasi bakalan memberi sedikit tutorial dalam menggunakan tool ini. Mimin bakal memberi tutorial untuk membuat aplikasi blog. Nah pada tutorial ini blog yang mimin contohkan adalah Infotek Media, a Media Formasi partner!
1. Buka appstudio.windows.com Dari Browser Kamu
Capture
2. Kemudian Klik “Start Now!”, Pastikan kamu memiliki Microsoft Account untuk melanjutkan. Sign-in ke Microsoft Account kamu.
Capture
3. Setelah Sign-In, Kamu bisa memilih untuk membuat aplikasi untuk Windows 10 atau Windows 8.1 dari template yang tersedia. Untuk tutorial kali ini, pilih Empty App W10.
Capture
4. Kemudian akan muncul pop-up. Nah, Namai aplikasi kamu. Misalnya, Infotek Media.
Capture
5. Setelah itu akan muncul tampilan editor untuk aplikasi kamu. Nah, disinilah tempatmu berkreasi! Disini tersedia berbagai template konten yang bisa kamu tambahkan ke aplikasimu. Karena kita mencoba untuk membuat aplikasi blog Infotek Media yang berbasis WordPress, klik WordPress.
Capture
6. Kemudian akan muncul pop-up. Disana akan ada kolom untuk mengisi nama ection (bagian) dan alamat blog WordPress kamu. Nah isikan nama sectionnya, misalnya “Semua Berita” dan isikan alamat infotekmedia.wordpress.com dan kemudian tekan enter. Setelah berhasil kemudian klik “Confirm”
Capture
7. Kalau kamu berhasil, pada “Emulator” di bagian kanan seharusnya sudah muncul postingan dari blog Infotek Media. Oiya, kamu bisa mencoba langsung aplikasi kamu di emulator ini. Pastikan kamu men-save project kamu ini ya. (karena Microsoft tidak menyediakan fitur autosave)
Capture
8. Tambahkan logo ke aplikasi kamu, caranya klik logo bawaan yang berada di pojok kiri atas layar editor.
Capture
9. Nah, klik pada bagian yang mimin lingkari berwarna biru untuk mengupload icon aplikasi kamu. Pastikan berformat .png ya! Setelah terupload, crop iconnya.
Nah pada bagian yang mimin lingkari berwarna merah, itu adalah opsi background color pada splash screen. Kamu bisa menyesuaikan warnanya.
Capture
Lanjut ke Part 2 >>

Baca Juga