Menu Tutup

Meramaikan Dunia Sulih Suara Bersama SuaraPro!

Hai, MedForians!
Minggu, 15 April lalu adalah hari yang sangat bersejarah bagi dunia penyulih suaraan Indonesia, karena ini adalah hari diluncurkannya Asosiasi Pelaku Suara Profesional, atau yang lebih dikenal sebagai SuaraPro Indonesia, tepat di gedung Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki! Nah, kalian mungkin bertanya; apa sih SuaraPro Indonesia itu?
SuaraPro Indonesia adalah sebuah wadah Asosiasi untuk para pelaku suara profesional (seiyuu) di Indonesia. Asosiasi ini tidak hanya mencakup pelaku suara yang aktif mengisi suarakan acara televisi dan film, baik animasi ataupun live action, tetapi juga mereka yang lebih aktif di dunia periklanan, penyiaran berita dan radio, serta media interaktif seperti audio book dan audio drama.
Acara ini gratis dan dibuka untuk umum, dan selain membahasa seputar dunia sulih suara, acara ini juga menayangkan film buatan para pelaku suara profesional dan diadakannya Grand Final Lomba Pelaku Suara.20180416_104327

Suasana saat Lomba Pelaku Suara

Lomba Pelaku Suara ini sendiri mulai diadakan beberapa waktu lalu lewat akun-akun media sosial SuaraPro. Masing-masing peserta di anjurkan untuk mengirimkan maksimal 3 video submisi berdurasi satu menit dengan karakter-karakter berbeda yang sudah mereka isi suarakan. Video yang mereka submit ke e-mail SuaraPro harus bervariasi sumbernya, jadi tidak hanya anime saja. Ada yang sumbernya dari film animasi Amerika dan film live action Jepang juga loh!
Lomba ini diikuti oleh ratusan peserta yang mewakili seluruh Indonesia, dan telah dipilih sepuluh finalis yang memasuki grand final yang bertepatan dengan peluncuran SuaraPro. Juri-juri di lomba ini adalah nama-nama terkenal di industri dubbing Indonesia. Kesepuluh finalis dipecah menjadi lima tim ber anggotakan dua orang, dan mereka ditantang untuk mengisi suarakan video yang sudah disiapkan pihak SuaraPro yang dirahasiakan dari para peserta.20180415_153401

BACA JUGA :  Inilah Dia Form Terbaru Kamen Rider Zi-O: Zi-O TWO!
[Kiri-kanan] Juara Ketiga (Reza), Kedua (Latifah), dan Pertama (Fika) Lomba Pelaku Suara

Karena banyak pelaku suara profesional yang datang ke acara ini, para pengunjung bisa berfoto bersama para pelaku suara favorit mereka.
FB_IMG_1523853637481

Berfoto bersama Dewi Kartika, pengisi suara Nobita di serial anime Doraemon dan Ketua Umum SuaraPro Indonesia

Saat pertama kali di deklarasikan pada 7 Januari lalu, SuaraPro baru beranggotakan 25 orang, yang terdiri dari pelaku-pelaku industri dubbing di Indonesia. Memasuki bulan Maret, SuaraPro kini memiliki lebih dari 98 anggota tambahan, kebanyakan dari mereka belum pernah terlibat dalam produksi dubbing seperti fandubber, loh! Keren, kan?
Proses pendaftaran dilakukan melalui formulir pendaftarab online (http://bit.ly/FormSuaraPro) dan calon anggota akan melewati verifikasi portofolio, yang terdapat bagian dimana calon anggota harus mencantumkan link dari karya fandub yang mereka buat di media sosial, atau produk dubbing resmi dimana suara mereka ada di proyek tersebut.
Bagaimana, MedForians? Apakah kalian berminat untuk bergabung dengan SuaraPro?

Baca Juga