Menu Tutup

Valve Secara Mendadak Akan Hapus Gim Visual Novel Berkonten Ecchi

Hai, MedForians!
Penggemar game novel visual dan gim anime bertema dewasa di seluruh dunia dikagetkan oleh beberapa berita yang mengganggu hari ini.
Menurut beberapa pengembang indie, Steam, toko digital terbesar untuk permainan komputer, sedang menindak beberapa gim yang menampilkan gambar gadis anime yang berpakaian minim.

Menurut para pengembang gim bergenre ini, Valve, perusahaan yang mengoperasikan Steam, telah memberi mereka peringatan hingga akhir bulan ini untuk menghapus konten khusus dewasa dari game mereka. Jika tidak, Valve akan menghapus gim mereka dari Steam.
“Ini adalah holocaust anime,” ujar HuniePot, pengembang gim HuniePop, permainan puzzle match di mana pemain juga dapat “mengobrol” dengan gadis-gadis anime, pada twitnya di hari Kamis.

HuniePot meng-twit bahwa ia menerima email dari Valve, perusahaan yang mengoperasikan Steam, mengatakan bahwa HuniePop telah “melanggar aturan & panduan untuk konten pornografi di Steam dan akan dihapus dari toko kecuali gim tersebut diperbarui untuk menghapus konten yang disebutkan.”
MangaGamer, sebuah perusahaan yang menerjemahkan dan menerbitkan beberapa novel visual Jepang, mengatakan mereka menerima pemberitahuan dari Valve pada hari Kamis untuk permainannya, Kindred Spirits.

“Untungnya kami sudah memiliki etalase sendiri karena kami juga mempublikasikan game dengan konten dewasa vulgar yang tidak cocok untuk Steam, jadi terlepas dari apa yang bisa dihapus, setidaknya kami telah memiliki tempat untuk terus menjual judul-judul gim kami, yang lebih baik dari beberapa pengembang Novel Visual indie,” John Pickett, juru bicara MangaGamer.

Pickett mengatakan bahwa ketika MangaGamer pertama kali menerbitkan Kindred Spirits di Steam dua tahun yang lalu, ia telah melalui tinjauan “kuat” langsung dengan salah satu perwakilan Valve. Pada saat itu, Pickett mengatakan, Valve menghabiskan beberapa minggu untuk meninjau game untuk memeriksa konten dan memberi MangaGamer persetujuan penuh dan menjamin bahwa itu jatuh dalam standar konten Valve.

“Jadi, jika ini bukan pengawasan sederhana di Steam, maka itu adalah pembalikan utama dari pedoman dan kebijakan yang secara eksplisit diuraikan kepada kami,” kata Pickett.
“Kami juga bertemu dengan perwakilan mereka sekitar setahun yang lalu untuk mendapatkan klarifikasi langsung mengenai kebijakan dan pedoman Valve mengenai patch yang memperbolehkan konten dewasa ke judul gim yang diperuntukkan untuk Steam, dan ini menunjukkan respon dari kebijakan itu juga.”

Pickett mengatakan bahwa rencana MangaGamer saat ini adalah untuk mencoba dan bernegosiasi dengan Valve sehingga game dapat tetap di Steam. Namun Valve tidak memberikan komentar.
Lupiesoft, pengembang game teka-teki bertema fantasi, Mutiny!! yang juga menampilkan wanita anime memakai korset dan bikini, mengatakan menerima peringatan yang sama:

“Bahkan @Lupiesoft telah menjadi salah satu pengembang paling ketat dalam hal mengikuti panduan Steam, dan sama sekali tidak ada di Mutiny !! melanggar pedoman mereka,” Lupiesoft pada twitnya.

“Setelah penerbit Steam kami @MangaGamer bertemu dengan Valve secara langsung, mereka diberi tahu bahwa ecchi [istilah bahasa gaul Jepang yang secara luas berarti konten ‘seksi’ atau ‘nakal’] baik-baik saja dengan Steam.”

Lupiesoft juga tampak frustrasi karena Valve secara tiba-tiba mengubah kebijakan kontennya, dan hingga hari ini mereka yakin itu sesuai dengan aturan Steam.

“Tampaknya perubahan baru ini melanggar apa yang disetujui Valve sebelumnya, dan keseluruhan genre Novel Visual di Steam merasakan dampak dari opsi ini,” katanya.
“Setiap pengembang besar & kecil, tidak peduli berapa banyak mereka mengikuti panduan Steam untuk surat itu, harus menarik gimnya.”

Pemberitahuan dari Valve ini cukup mengejutkan karena sebelumnya mereka memiliki proses yang jelas tentang cara novel visual yang “berisiko” dipublikasikan di Steam. Seperti yang dilaporkan Kotaku pada tahun 2015, pengembang novel visual dapat mengambil novel visual yang ada yang menampilkan gambar grafis seksual, dengan menyensor sebagian bagian tersebut, dan dapat mempublikasikan gimnya di Steam. HuniePop, misalnya, telah mempublikasikan gimnya di Steam sejak 19 Januari 2015, dengan 12.553 ulasan “sangat positif” dari pengguna Steam.
Dikutip dari VICE Motherboard dengan sedikit pengubahan.

BACA JUGA :  Luncurkan PV Baru, Anime Symphogear XV Umumkan Jadwal Rilis

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×