Viral : Rahasia Dibalik Viralnya Ibu dalam Rice Cooker di Iklan Ramayana

Media 24 Mei 2018

Hai, MedForians!
Saat ini iklan dari salah satu toserba Indonesia ini sedang viral di jagat dunia maya. Ramayana Departement Store tepatnya, nampaknya teknik viral marketing sukses dimanfaatkan Ramayana.
Ini dapat dilihat pada iklan spesial Ramadan yang diunggah pada 16 Mei 2018 di kanal YouTube Ramayana Departement Store ini.

Pada saat pos ini ditulis, video ini berada di posisi #10 trending wilayah Indonesia.
Sebenarnya apa yang membuat video ini menjadi viral?
Selain karena konsep video iklan yang dikemas layaknya video klip Qasidah Nasida Ria, ada beberapa unsur komedi ala tahun 90-an, ditambah lagi lagu qasidah dengan aksen Arab yang membuat iklan ini tambah viral.
Sungguh konsep yang benar-benar matang.
Konsep ini mirip seperti iklan Indoeskrim tahun lalu yang berlatarbelakang bak film kolosal yang pernah tayang di Indosiar.

Ini bukan plagiat, karena memang sutradara dari kedua iklan ini memanglah sama, berteimakasihlah kepada sosok Dimas Djay.
Selain itu, yang menjadi fokus perhatian masyarakat adalah sosok salah satu personil qasidah yang “terperangkap” di dalam sebuah penanak nasi.

Secara fisiologis manusia, ini memang tidak mungkin (bahkan hal ini sampai dibahas di laman Detik.com) dan memang bukan seperti itu penjelasannya.
Singkatnya, di lokasi pengambilan gambar iklan tersebut (secara tidak sengaja) ditemukan sebuah penanak nasi bekas yang telah rusak dan terbelah, sehingga sang bos agensi iklan Ramayana tersebut memasukkannya dalam pengambilan video.


Yup, ini menjadi gambaran viral marketing yang sukses di pasar Indonesia. Dan hawa 90-an yang menggambarkan kepenatan masyarakat Indonesia dengan tayangan baru dan kenangan atas tayangan lama di masa lampau.
Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.