Menu Tutup

Fokus : Perbedaan Aplikasi dan Situs Web Mobile Kini Tak Terasa dengan PWA

Hai, MedForians!
Aplikasi Mobile atau Situs Web Mobile, mana yang lebih baik?
Mungkin ini pertanyaan yang menjadi dasar konsep perusahaan teknologi raksasa dalam mengembangkan sistem Progressive Web Apps. Apa itu?
Sebelum itu, mari simak sedikit sejarah singkat berikut.

Sedikit Sejarah Singkat

Banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Mereka baik secara langsung maupun tidak mulai mengekspansi bisnisnya di ranah online, sehingga banyak perusahaan yang membuat situs web untuk keperluan bisnis mereka.

Kemudian, datanglah era mobile internet dimana siapapun, dimanapun, dan kapanpun dapat mengakses internet dalam genggaman ponsel mereka. Perusahaan-perusahaan tadi pastinya juga beradaptasi dengan menyesuaikan tampilan web mereka dengan tampilan yang lebih ramah bagi pengguna ponsel.
Tak lama setelah itu, muncullah beraneka ragam smartphone yang menghiasi etalase toko, yang memiliki toko aplikasi didalamnya (apakah ini storeception? ?).

Makin lama makin banyak layanan yang hanya dapat diakses via aplikasi. Sedangkan situs web layanan tersebut digunakan sebagai laman promosi atau informasi dan mengarahkan penggunanya untuk menginstal aplikasi mereka.
Jadi kini kita dihadapkan kepada dua pilihan. Aplikasi, atau Situs Web. Mana yang lebih baik?

Mana yang lebih baik? Semua ada plus minusnya


Aplikasi mobile memerlukan pemasangan di memori telepon untuk dapat digunakan, jika aplikasi berjalan secara offline mungkin akan terasa worth it. Namun jika hanya berjalan secara online, dan ukurannya besar (seperti aplikasi Facebook misalnya), tentunya akan memakan ruang tersedia di ponsel secara perlahan tapi pasti.
Namun tidak bisa dipungkiri, aplikasi mobile memilili fitur khusus yang tidak dapat diimplementasikan di situs web, banyak aplikasi yang berjalan secara daring yang memerlukan aplikasi untuk menggunakan fitur tertentu.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Microsoft, dan lainnya untuk mengembangkan teknologi baru yang disebut dengan PWA (Progressive Web Apps). Ini membuat Situs Web berjalan layaknya sebuah aplikasi.

Twitter misalnya, jika kamu mengakses situs mobile.twitter.com di browsermu seperti Chrome, kamu akan diberikan dialog box seperti ini.
Screenshot_2018-06-03-19-39-14-780_com.android.chrome.png
Dan jika kamu mengklik Add To Home Screen, kamu akan mendapati shortcut “Twitter Lite” di launcher kamu. Dan kamu dapat menggunakannya layaknya aplikasi Twitter biasa dengan segala fitur di dalamnya.
Ini tentunya akan sangat nyaman mengingat aplikasi bentukan sistem PWA ini sangat kecil, hanya dalam satuan KB saja.
Tak hanya Twitter, Google pun sudah membuat Google Maps Go yang menggunakan teknologi yang sama, PWA. Maps Go bahkan dijadikan aplikasi peta bawaan bagi Android Oreo Go Edition, versi ringan dari Android.
Bagi developer, PWA sangat berguna karena mereka hanya perlu membenahi web saja tanpa harus mencari dan menghajar bug dalam pembangunan aplikasi mobile. Lebih hemat waktu dan tenaga.
Bagaimanapun juga, entah itu Aplikasi mobile, Situs web mobile, ataupun PWA memiliki plus minusnya masing-masing. Jadi, bagaimana menurutmu?

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×