Menu Tutup

Menguak Ribetnya Pembuatan Animasi Tiga Dimensi

Hai, MedForians!

Kalian pasti sudah tahu apa itu animasi, ‘kan? Animasi merupakan salah satu cabang keilmuan multimedia, juga desain. Animasi terbagi 2 yaitu animasi dua dimensi dan animasi tiga dimensi. Kali ini kita akan menjabarkan proses-proses tentang membuat animasi tiga dimensi. Ternyata, membuat animasi 3D tidak semudah yang kamu kira. Inilah prosesnya!

1. Story & Character

Bagian ini adalah bagian dimana tim kreatif membuat dasar pembuatan cerita dan juga membuat karakter yang ikonik.

2. Script

Bagian ini adalah bagian pengembangan cerita hingga detailnya, karena pada proses sebelumnya hanya garis besar cerita tersebut saja yang dibuat. Dengan scripting, cerita akan menjadi lebih kaya.

3. Storyboard

Contoh Storyboard

Ini adalah proses menggambar karakter dan setting tempat atau waktu sama halnya seperti komik, namun disini tiap panel yang dibuat juga harus menggambarkan angle/sudut pengambilan gambarnya.

4. Animatic

Animatic yang masih berbentuk dua dimensi

Adalah proses penyatuan dari tiap panel storyboard menjadi kesatuan video sebagai acuan dasar pembuatan 3D animasi. Nantinya video ini berisikan dubbing atau musik dan yang nantinya ada di animasi tersebut

5. Modelling & Teksturing

Modelling karakter

Di bagian ini kita mulai masuk ke dunia 3D yang sesungguhnya menggunakan software 3D Modelling. Modelling adalah proses pembuatan karakter, properti, atau apapun yang nanti ada di dalam animasi berdasarkan desain yang telah digambar oleh tangan pada proses storyboarding. Teksturing adalah proses membuat detail pada karakter, properti yang nantinya ada di dalam animasi. Misalnya seperti teksktur kulit, rerumputan, dsb.

BACA JUGA :  Jelang Olimpiade 2020, Jepang Buat Medali dari Ponsel Bekas

6. Rigging

Rigging

Rigging adalah proses dimana kita membuat atau memberi skleton (kerangka tulang) pada karakter yang telah di buat agar karakter tersebut dapat di gerakan nantinya.

7. Previs (3D Animatic)

Animatic berbentuk 3D

Sama seperti proses Animatic sebelumnya, namun bedanya proses ini sudah berbentuk 3D dan dubbing atau musik yang dipakai sudah pasti atau sudah fix, dan pada bagian ini biasanya sang animator membuat blocking-blocking pada karakternya.

8. Animation

Workspace Animator

Proses ini adalah proses menggerakan karakter secara smooth, kalau tadi pada proses previs hanya penganimasian secara dasar dan masih kaku, nah jika bagian ini sudah lebih mendetail pembuatan animasinya.

9. Lighting

Contoh lighting pada obyek Peti Harta Karun

Proses ini adalah proses dimana penambahan cahaya dilakukan agar setting tempat pengambilan gambarnya pun terlihat lebih hidup dan mendetail serta realistis.

10. Rendering

Render Farm

Proses ini adalah proses mejadikan semua animasi yang sudah di edit tadi menjadi sebuah video yang bisa di jalankan di semua software pemutar video, karna format dalam merender biasanya adalah H264 atau sering di sebut MP4. Proses Rendering dapat memakan waktu yang banyak berdasarkan effect yang ada di video animasi, lamanya durasi, kemampuan komputer untuk me-render. Maka dari itu ada yang tempat yang disebut render farm, yaitu tempat di mana komputer komputer canggih ditempatkan untuk merender.

BACA JUGA :  Scrittor, Aplikasi Catatan Dengan Tampilan Ciamik! #REPLIKA

unnamed

Sekian MedForians, ternyata membuat animasi lebih susah dan rumit ya daripada di saat kita menononton animasi tersebut. Maka dari itu sangatlah masuk akal jika biaya pembuatan 3d animasi termasuk mahal, gaji seorang animator pun sangat tinggi.

Kamu tertarik untuk menjadi seorang animator? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga