Menu Tutup

Minecraft Hadirkan Fitur yang Pertemukan Pemain Antar-platform

Hai, MedForians!

Minecraft akhirnya merilis fitur yang telah diumumkan pada gelaran E3 tahun lalu, yaitu fitur cross-play. Dengan fitur ini, pemain Minecraft dari berbagai platform, di antaranya mobile, PC, Nintendo Switch, dan Xbox One dapat bermain bersama-sama dalam satu waktu.


Pada cuplikan di atas, diperlihatkan pengguna Xbox One dan pengguna Nintendo Switch bermain Minecraft bersama-sama. Di akhir video pun kalian bakalan melihat layar terbelah dua yang di sisi kiri layar ditutupi warna hijau beserta logo Xbox One dan di sisi kanan layar ditutupi warna merah dengan logo Nintendo Switch. Enggak hanya itu, Nintendo juga mengirim tweet ke Xbox yang berisi ajakan untuk bermain Minecraft bersama-sama.
Sayangnya, fitur ini tak bisa dinikmati oleh pengguna PS 4. Seperti berita yang tersiar belakangan ini, Sony memang tampak enggan jika harus “bersentuhan” dengan rivalnya. Sony enggak mempermasalahkan cross-play dengan PC maupun smartphone. Namun, mereka sangat menjaga jarak dengan konsol pesaing lainnya.

Dilansir Eurogamer, mantan petinggi Daybreak Game Company yang dulu bernama Sony Online Entertainment, yaitu John Smedley, pernah menuliskan tweet, “Saat saya di Sony, alasan internal tentang cross-play ini karena masalah uang. Mereka enggak suka jika seseorang membeli sesuatu di Xbox dan menggunakannya di PlayStation. Alasan yang bodoh tapi memang begitu.”

BACA JUGA :  "New" Guilty Gear Luncurkan Trailer Baru, Tampilkan Sol dan Ky

Sayangnya, tweet Smedley tersebut telah dihapus. Sebenarnya, keengganan Sony “bersentuhan” dengan konsol lain enggak terjadi sekali ini aja. Setelah Fortnite resmi dirilis di Nintendo Switch, banyak penggemar Fortnite yang memprotes keputusan Sony yang enggak mau cross-playdengan konsol lain.

Dilansir BBC, perwakilan Sony pun memberikan tanggapannya tentang aksi protes penggemar Fortnite, “Kami selalu terbuka untuk mendengar apa yang diminati oleh komunitas PlayStation untuk meningkatkan pengalaman bermain mereka. Fortnite telah sukses besar dengan para penggemar PS 4 karena menawarkan pengalaman free-to-play sesungguhnya. Dengan terjualnya 79 juta unit PS 4 di seluruh dunia dan lebih dari 80 juta pengguna aktif bulanan di PlayStation Network, kami telah membangun komunitas gamer yang dapat bermain bersama di Fortnite. Kami juga menawarkan dukungan cross-playdengan PC, iOS, dan Android yang memperluas peluang bagi penggemar Fortnite bermain dengan lebih banyak gamer dari platform lain.”

BACA JUGA :  Peduli Korban Bencana Kebakaran Hutan Riau, Reza Arap Adakan Live Streaming 24 Jam
Kemesraan Nintendo dan Xbox setelah bisa bermain Minecraft bersama di Twitter

Semoga langkah yang diambil Nintendo dan Xbox bisa meluluhkan hati Sony, ya. Pastinya bakal lebih menyenangkan jika semua pemain dari berbagai platform gaming bisa bermain bersama.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×