Menu Tutup

Tiger Mask: Dari Manga ke Dunia Nyata

Hai, MedForians!

Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar nama “Tiger Mask“, atau pernah menonton anime Tiger Mask W. Percaya atau tidak, MedForians, karakter dari manga karangan Ikki Kajiwara dan Naoki Tsuji ini ada di dunia nyata loh! Sejak 6 Maret lalu, telah tercatat ada enam pegulat profesional yang memerankan karakter ini di arena gulat. Sebelum kita membahas ke enam pegulat ini, kita bahas dulu asal-usul dari karakter ini.

THE ORIGIN OF TIGER MASK

Tiger_Mask_vol_1

Tiger Mask memulai debutnya di majalah komik Bokura Magazine pada tahun 1968. Serial ini bercerita tentang seorang pegulat Heel (sebutan untuk karakter antagonis di dunia gulat) yang paling ditakuti di Amerika Serikat, yang akhirnya beralih menjadi seorang Face (karakter protagonis) setelah pulang ke Jepang karena seorang bocah bilang kalau dia ingin menjadi penjahat seperti Tiger Mask bila sudah besar. Manga ini di adaptasi menjadi anime yang diproduksi oleh Toei Animation dari 2 Oktober, 1969 hingga 30 September, 1971 sebanyak 105 epsiode dan ditayangkan di stasiun televisi Yomiuri TV.

THE FIRST TIGER: SATORU SAYAMA

sayama

Pada awal 80-an, para Booker (penulis skenario di dunia gulat) dari perusahaan gulat New Japan Pro Wrestling membeli lisensi untuk karakter Tiger Mask dan membawanya dari halaman manga dan layar kaca ke dunia nyata, untuk meramaikan divisi Kelas Berat Junior mereka. Inkarnasi pertama dari persona Tiger Mask ini diperankan oleh Satoru Sayama (lahir 27 November, 1957). Di Amerika Serikat, Tiger Mask merupakan satu-satunya pegulat yang mendapat sabuk gelar  juara dunia WWF World Junior Heavyweight Championship dan NWA World Junior Heavyweight Championship secara bersamaan. Sayama memerankan karakter ini selama tiga tahun sebelum akhirnya berhenti pada tanggal 12 Agustus dikarenakan keresahannya terhadap masalah-masalah di balik layar dunia pergulatan pada saat itu. Sebagai Tiger Mask, Sayama bersaing dengan Kuniaki Kobayashi, Bret Hart dari Kanada, Chris Adams, Steve Wright, Dynamite Kid, ketiganya dari Inggris, Fishman dari Meksiko, dan inkarnasi pertama kembaran jahat Tiger Mask, Black Tiger (diperankan oleh pegulat Inggris, Mark Rocco).

THE SECOND TIGER: MITSUHARU MISAWA

img001

Pada bulan Agustus 1984, lisensi untuk karakter Tiger Mask dibeli oleh All Japan Pro Wrestling dan mulai diperankan oleh Mitsuharu Misawa (lahir 18 Juni, 1962 – meninggal dunia 13 Juni, 2009 pada umur 46 tahun). Selain bersaing dengan Dynamite Kid dan Kuniaki Kobayashi, dia juga bersaing dengan Chavo Guerrero Sr., dan Atsushi Onita; dia pun mulai naik ke divisi Kelas Berat dan bersaing dengan Jumbo Tsuruta dan Genichiro Tenryu. Pada bulan Mei, 1990, setelah Tenryu keluar dari All Japan, Misawa berhenti memerankan karakter Tiger Mask ditengah pertandingan tag team dimana dirinya dan partner Toshiaki Kawada, melawan Yoshiaki Yatsu dan Samson Fuyuki, dan mulai bergulat sebagai dirinya sendiri sejak saat itu.

THE THIRD TIGER: KOJI KANEMOTO

Koji-Kanemoto

Pada tahun 1992, setelah mendapatkan lisensi karakter Tiger Mask dari All Japan, New Japan memberikan persona ini kepada Koji Kanemoto (lahir 31 Oktober, 1966) secara resmi pada bulan Maret. Akan tetapi, karirnya sebagai Tiger Mask tidak se-sukses kedua pendahulunya, dikerankan karena popularitas dari Jyushin “Thunder” Liger di divisi Kelas Berat Junior; pegulat yang, seperti Tiger Mask, juga memerankan karakter fiksi yang lisensinya dibeli oleh New Japan, kini berasal dari serial anime karangan Go Nagai dan di produksi oleh Sunrise Inc. Pada tanggal 4 Januari, 1994, lewat acara Battlefield, Kanemoto dikalahkan oleh Liger di pertandingan mask vs mask, dimana berdasarkan stipulasinya, pegulat bertopeng yang kalah tidak boleh mengenakan topeng nya lagi di arena gulat dan harus bergulat sebagai dirinya sendiri. Sejak saat itu, Kanemoto mulai bergulat tanpa topeng dan mengganti gaya bergulatnya yang sebelumnya penuh dengan gerakan akrobatik yang identik dengan pegulat junior, ke gaya bergulat yang terinspirasi oleh Bela Diri Campuran (Mixed Martial Arts, atau MMA) karena sering mengalami cedera selama bergulat sebagai Tiger Mask.

THE FOURTH TIGER: YOSHIHIRO YAMAZAKI

Tiger_Mask_IV_2015

Sejak 15 Juli, 1995, karakter Tiger Mask kini diperankan oleh Yoshihiro Yamazaki (lahir 20 Oktober, 1970), yang dilatih (dan resmi di endorse, tidak seperti pendahulunya) oleh Satoru Sayama. Ini membuatnya menjadi satu-satunya pegulat yang memerankan Tiger Mask dalam waktu yang cukup lama. Tiger Mask IV, yang awalnya bergulat di Michinoku Pro Wrestling, mulai bergulat di New Japan pada 20 Januari, 2002; selama awal 2000-an, dirinya (bersama dengan Minoru Tanaka) menggantikan posisi Liger sebagai bintang divisi Kelas Berat Junior di New Japan.

THE FIFTH TIGER: IKUHISA “MINOWAMAN” MINOWA

20160108125336_1MG_5078

Pada tanggal 18 Juli, 2010, seorang fighter MMA dengan julukan “Minowaman”, Ikuhisa Minowa (lahir 12 Januari, 1976) memulai debutnya di arena gulat sebagai inkarnasi Tiger Mask ke lima, di sebuah pertandingan tag team dengan Sayama sebagai partner, di perusahaan gulat Maki Dojo. Tidak seperti pendahulunya, Minowa hanya memerankan Tiger Mask untuk satu pertandingan saja sebelum akhirnya kembali ke dunia MMA. Pertandingannya itu (saat artikel ini ditulis) belum pernah di perlihatkan oleh publik, dan yang hanya foto-fotonya saja sebagai Tiger Mask yang beredar.

THE SIXTH TIGER: KOTA IBUSHI

ibushi-352x528

Untuk mempromosikan anime Tiger Mask W, sequel dari anime Tiger Mask, New Japan memberikan topeng karakter utama anime tersebut kepada Kota Ibushi (lahir 21 Mei, 1982) dan memulai debutnya sebagai Tiger Mask W pada 10 Oktober, 2016 di acara King of Pro-Wrestling dimana dia mengalahkan salah satu musuhnya di animenya, Red Death Mask (diperankan oleh pegulat asal Amerika, Juice Robinson). Tiger Mask W kembali ke arena New Japan pada 4 Januari, 2017 lewat acara Wrestle Kingdom 11 in Tokyo Dome, mengalahkan kembaran jahatnya, Tiger The Dark (diperankan oleh pegulat asal Amerika, ACH). Pada 5 Februari, setelah berhasil mempertahankan gelar IWGP Heavyweight Championship dengan mengalahkan Minoru Suzuki, Kazuchika Okada menantang Tiger Mask W untuk merebut gelarnya di acara hari jadi New Japan yang ke 45. Tanggal 1 Maret, Tiger Mask W dan Tiger Mask IV, mengalahkan Okada dan Gedo di pertandingan tag team. Pada 6 Maret di acara NJPW 45th Anniversary Show, Okada mengalahkan Tiger Mask W, menandakan akhir dari peran Ibushi sebagai karakter tersebut.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian tertarik untuk menonton pertandingan-pertandingan Tiger Mask setelah ini?

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×