Menu Tutup

Is A IDR680k Japanese Smartphone Worth It?

Hai MedForians, beberapa hari kebelakang kami sudah membuat impresi pertama dari ponsel Jepang berharga Rp.680.000 ini. Dan kami mengujinya dalam tiga hari setelah kami membelinya di sebuah toko ponsel di Bandung. This is a Fujitsu Arrows SV F-03H .

Sejatinya, Smartphone ini juga mempunyai kembaran yang tidak dibundling oleh NTT Docomo, yaitu Fujitsu Arrows M03. Ada juga versi upgrade dari F-03H yang ada pilihan warna Resing (merah -ed) yaitu Fujitsu Arrows Be F-05J. Diantara tiga Smartphone ini nampak tidak ada perbedaan kecuali penempatan logo antara Arrows yang dibundling Docomo dengan Arrows M03 dan Sistem Operasi. Selebihnya ia dibekali prosesor Snapdragon 410, RAM 2GB, Internal 16GB, baterai 2580mAh, Sertifikasi MIL-810G (Anti Air dan Debu), kamera 13 Megapiksel dengan CMOS, dan kamera depan 5 Megapiksel.

Desain

Point Of Interest dari Arrows SV ialah desainnya. Desainnya cukup bagus dibandingkan saudaranya semisal F-01F. Namun yang menjadi titik lemah dari desainnya ialah penempatan tombol yang kurang ramah buat phone holder model jepit (seperti Phone Holder buat Mobil).

Saat menggengamnya ada feeling yang beda dibandingkan saat memegang Smartphone lain. Kami yang terbiasa memegang Xiaomi Redmi 4A merasa bahwa material ponsel ini cukup beda dan ponsel ini terasa lebih ringan dibandingkan Xiaomi Redmi 4A kami. Rasanya jauh lebih enak.

UI dan Antarmuka

Arrows SV dibekali OS Android 6.0 dengan antarmuka khas Fujitsu ditambah beberapa aplikasi bawaan Docomo Jepang yang cukup fungsional (buat masyarakat Jepang). Sensasinya ya ada kekhasan tersendiri dibanding menggunakan AOSP biasa. Ada beberapa fitur tambahan yang cukup berguna, misal Slide Display yang fungsinya sama dengan One Handed Mode di android kebanyakan, Slide in function yang memudahkan pengguna untuk menangkap screenshot atau meluncurkan aplikasi, serta Earphone Launcher yang bisa memilih aplikasi apa yang ingin anda buka saat earphone terpasang.

BACA JUGA :  Spotify Siap Basmi Akun Pengguna Ad blocker Mulai Maret 2019

OS nya sendiri dapat diperbarui ke Android 7.1, jadi Arrows SV ini bisa setara dengan Arrows Be F-05J.

Kamera

Jujur aja, hasil jepretan Arrows SV ini sudah cukup memadai buat ponsel 600 ribuan. Dibanding Redmi 4A, ya sama saja sih. Untungnya, ia dibekali CMOS pada kamera 13.1 Megapikselnya. Bagaimana buat hasil Videonya? Sudah cukup buat bikin video In Depth Tour ala B Channel (Bukan RTV). Tapi Sangat disayangkan tidak ada fitur OIS pada kamera Arrows SV, dan jika menggunakan aplikasi Instagram secara langsung, Hasil Snapgram jadi agak turun. Jadi kalau ada yang pakai Arrows SV, kami rekomendasikan untuk merekam video menggunakan aplikasi kamera bawaan terlebih dahulu sebelum menggungahnya di Instagram.

Ketahanan Baterai

Kami mencoba menggunakan Arrows SV saat melakukan perjalanan mudik ke Garut, didapatkan ponsel ini bisa bertahan dari subuh hari sampai Ashar. Dengan catatan Jaringan di lokasi tidak stabil, suhu yang agak panas dan pengunaan hanya untuk sosial media dan memutar lagu. Hasil ketahanan ini mungkin berbeda di perangkat lain.

BACA JUGA :  Scrittor, Aplikasi Catatan Dengan Tampilan Ciamik! #REPLIKA

Kesimpulan

Apakah Fujitsu Arrows SV F-03H ini layak dibeli? Jika anda butuh ponsel buat Secondary Driver atau dijadikan media player saja, mungkin ini layak dibeli buat memenuhi aktivitas anda. Tapi mengingat prosesornya masih Snapdragon 410, RAM 2GB dan baterai yang agak kecil, kami tidak merekomendasikan ponsel ini buat heavy gamers (semacam PUBG atau ML).

Sekian Ulas Uji kali ini, jika ada hal yang kurang berkenan kami meminta maaf atas hal tersebut, dan anda dapat berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan.

Baca Juga