Menu Tutup

8 Game Wibu Khusus Untuk Kalian Para Pemula!

Hai, MedForians!

Media Formasi sekarang sudah berwarna ya? Semoga kedepannya dapat menjadi media yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua kedepannya!

Setumpuk game wibu nan candu.

Saya sengaja membawa pembahasan ini karena saya dulu juga mengalami hal seperti ini, bagaimana awalnya menjadi seorang wibu seperti apa rasanya. Apalagi di Indonesia, hobi seperti ini masih tabu di beberapa daerah tertentu termasuk daerah saya sendiri (#EwakoPSM).

Aktifitas ngewibu tidak hanya dilakukan hanya dengan menonton anime saja kan? Biasanya hobi ini identik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Game juga anda bisa kategorikan juga sebagai teknologi. Lihat, semakin banyak game AAA yang lalu lalang di timeline Facebook anda kan?

Ok, kembali ke topik! Ada banyak game jejepangan yang berkeliaran di Internet yang luas ini. Akan tetapi saya hanya memilih 10 game saja yang akan saya bahas. Game ini cukup terkenal di Internet dan sekarang ini banyak diminati oleh gamers yang suka jejepangan seperti saya XD.

1. Fate/Grand Order

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang.

Raid Boss Event

Game buatan Delightworks ini adalah game Role-Playing Game dimana kita menjadi seorang Master untuk bertarung menggunakan Servant sebagai alat perangnya. Servant adalah roh pahlawan yang dibangkitkan dari masa lalu yang umumnya mereka berasal dari suatu mitologi, sejarah, maupun literasi. Game ini merupakan adaptasi dari visual novel sekaligus anime yang booming di era 2015, Fate/Stay Night.

Tiap match, anda harus memilih 6 Servant dimana anda hanya dapat menurunkan 3 Servant saja, sisanya sebagai cadangan bilamana ada salah satunya yang mati. Setiap turn, sang Master diberikan 5 Command Card dan Master hanya dapat menggunakan 3 dari Command Card tersebut. Command Card tersebut mempunyai 3 tipe yang akan muncul secara acak, yakni:

  1. Buster (Heavy Attack)
  2. Arts (Medium Attack, serta dapat mengisi “Noble Phantasm” dari servant tersebut
  3. Quick (Light Attack, dapat mengisi critical attack untuk turn selanjutnya

Setiap Servant juga memiliki skill yang dapat digunakan sebelum menggunakan Command Card yakni “Noble Phantasm” ketika gauge barnya telah penuh.

Sayangnya, game ini belum ada di Play Store region Indonesia. Jadi kamu harus berusaha untuk mencari APK patch englishnya. Banyak kok berkeliaran di luar sana link APK Fate/Grand Order. Tetapi hati-hati ya, banyak juga malware berkeliaran di luar sana.

Anda sudah memainkannya akan tetapi bingung mainnya harus gimana lagi? Memang agak membingungkan ketika memainkannya tanpa menonton animenya ataupun memainkan visual novelnya terlebih dahulu. Cobalah untuk menonton animenya terlebih dahulu, agar logika dari permainan ini dapat kalian tangkap.

2. THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS: STARLIGHT STAGE

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang. Diharapkan juga menyediakan tisu, tau-tau hidung anda berdarah saking cutenya mereka. Oh iya, jangan lupa siapkan es batu tau-tau hape anda kepanasan.

Live Stage

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS: STARLIGHT STAGE (akronim: IM@S) merupakan game buatan Cygames dan Bandai Namco bermesin Unity dimana kita berperan sebagai Produser di sebuah agensi talenta terkenal, yakni 346 Production. Tujuan kita adalah untuk membuat idol asuhan kita menjadi terkenal di seluruh dunia.

Nilai tambah dari game ini ialah kalian bisa melihat idol kalian menari saat live stage. Jadi bersemangat deh mainnya XD. Memang sih tambah bersemangat, akan tetapi game ini menurut saya spesifikasinya 11:12 ama PUBG Mobile. Sebab CG yang bergerak, partikel partikel yang banyak, dan efek yang beraneka ragam yang membuat game ini sangatlah berat.

Sayangnya game ini hanya berbahasa Jepang saja, dan pastinya game ini tidak ada di Play Store region Indonesia. Jadi kalian harus berusaha lagi untuk mencari game ini.

Game ini sudah diadaptasi menjadi sebuah anime dengan judul yang sama. Jadi, cobalah untuk menontonnya terlebih dahulu.

3. Love Live! School Idol Festival

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang. Diharapkan juga menyediakan tisu, tau-tau hidung anda berdarah saking cutenya mereka.

Live Event

Love Live! School Idol Festival (akronim: LL/LL!SIF) merupakan game besutan KLab dengan bermesin KLab Playgrounds dirilis pada 11 Mei 2014 untuk versi bahasa Inggrisnya. Game ini hampir sama dengan IM@S akan tetapi di game ini tidak ditemukan yang namanya CG yang bergerak sehingga game ini dapat dimainkan di hape yang medium sekalipun.

Saat saya sedang menulis postingan ini, idol di dalam game ini terbagi atas dua grup, μ’s (red: muse) dan Aqours. Jalan cerita tiap grup berbeda sedikit ya walaupun sekolah mereka sama-sama pengen tutup akhirnya jadi idol buat pansos-in sekolahnya #AmpunSepuh.

Game ini telah diadopsi menjadi dua seri anime untuk kedua grupnya, Love Live! School Idol Project dan Love Live! Sunshine!!. Kalian mungkin dapat menonton terlebih dahulu animenya sebelum bermain gamenya.

4. osu!

Hati-hati, game ini mengandung garam, drama, dan hal-hal yang membuat keyboard anda berpenyakitan. Disarankan bermain dengan modal dan kantong yang cukup.

Mode osu!mania

osu! adalah game ritme bermesin .Net C# yang dikembangkan oleh Dean Herbert atau yang biasa dikenal dengan peppy pada 16 September 2007. Game yang berbasis Windows ini telah menampung 12 juta pemain saat saya menulis post ini.

Pada dasarnya, cara bermain di game osu! ini mengimplementasikan game-game ritme yang sudah terkenal dulu seperti Osu! Tatakae Ouendan, Elite Beat Agents, Taiko no Tatsujin, Beatmania IIDX, Stepmania, dan DJMax.

Pada osu! terdapat 4 mode permainan yang kalian dapat mainkan, diantaranya adalah osu!standard, osu!taiko, osu!catch, dan osu!mania. Untuk masalah lagunya, kalian bisa memilih bebas pada website resminya. Saya menggolongkan game ini sebagai game wibu, karena fakta sih wibu-wibu banyak memainkan game ini, dan juga banyak soundtrack anime yang dibuat beatmapsets-nya.

5. Granblue Fantasy

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang.

Boss Raid Battle

Granblue Fantasy (akronim: GBF) adalah game genre Turn Based RPG berbasis web yang dikembangkan oleh Cygames bermesin NodeJS dan HTML5 yang dapat kalian mainkan di smartphone maupun di komputer walau tak menginstall aplikasinya

Di dalam game ini, anda berperan sebagai Gran/Djeeta mengarungi luasnya langit untuk mencari ayahnya yang keberadaannya masih misterius. Dibantu oleh krunya, anda akan menerjang berbagai musuh, boss, dan tentunya garam dari teman anda yang saking asinnya saya berhenti memainkan game ini (canda coy, yang asinnya ini malah yang buat game ini semakin menarik untuk kalian mainkan lebih jauh).

Di samping quest, terdapat juga Side Quest seperti game Turn Based RPG pada umumnya. Dan raid boss di game ini lebih meriah dibanding game-game web based sebelah.

6. BanG Dream! Girls Band Party!

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang. Diharapkan juga menyediakan tisu, tau-tau hidung anda berdarah saking cutenya mereka.

Ketika memilih lagu…

BanG Dream! Girls Band Party! (akronim: Bandori) merupakan game idol tapi ini ceweknya ga joget, tapi main band. Bermesin Live2D, dikelola oleh Craft Egg dan Bushiroad, dan diluncurkan pada 9 April 2018 (Worldwide Version).

Apabila anda pernah menonton animenya, jalan cerita di game ini nyaris persis dengan jalan cerita di animenya. Jadi, saran saya sebelum bermain game ini ada kalanya anda menonton animenya terlebih dahulu.

Gameplay Bandori ini nyaris mirip dengan IM@S. Hanya saja backgroundnya hanya versi chibi dari karakter-karakter yang anda bawa ke live stage, tak seperti IM@S yang backgroundnya bisa bergerak layaknya di animenya sendiri.

7. Kantai Collection

Hati-hati, game ini mengandung unsur gacha. Asin ditanggung pemenang.

In Battle Mode

Kantai Collection (akronim: Kancolle) adalah game buatan Kadokawa Games yang diterbitkan oleh DMM Games bermesin Adobe Flash Player ini lahir di Jepang pada 23 April 2013 dan tak ada kabar akan ada patch untuk berbahasa Inggris sampai saya menulis postingan ini.

Dalam game ini, anda berperan sebagai Teitoku/Laksamana bersama dengan para Kanmusu/Gadis-Gadis Kapal mengarungi bahtera laut untuk melawan musuh-musuh entah darimana musuh tersebut asalnya.

Dalam pertempuran, nyaris semuanya bukan dalam kendali anda. Anda hanya dapat mengatur strategi kapal sebelum pertempuran. Sisanya, serahkan semua itu kepada gadis kapal yang cantik nan rupawan.

Akan tetapi, game ini saya sarankan minimal 17 tahun untuk dapat bermain game ini. Karena, apabila kapal anda mengalami kerusakan berat di medan perang, akan ada animasi dimana baju Kanmusu anda robek-robek. Ga enak gitu liat gitu-gitu tapi umur masih ga cukup. Tapi tenang kok, robeknya ga sampai telanjang beneran.

8. Visual Novel

Salah satu Visual Novel kesukaan saya, Konosora.

Gua ga bakal bahas mesinnya, gua ga bakal bahas pembuatnya, dan gua ga bakal bahas cara mainnya karena visual novel sangatlah luas bung!

Tapi yasudah, saya hanya membahas genrenya saja, jadi gausah khawatir ehehe~

Visual Novel (akronim: VN) adalah sebuah jenis permainan interaktif yang dapat dimainkan di PC, konsol (XBOX, PSP, PS, PSV), dan bahkan dapat dimainkan di Android. Tetapi visual novel tak semua dapat rilis pada ketiga alat tersebut, mereka kadang-kadang hanya merilis di PC saja, atau merilis di PC dan konsol saja.

Developer Visual Novel diluar sana banyak banget seperti Team Salvato, Nekoworks, Madosoft, PULLTOP, dan lain-lain. Dan genre Visual Novel juga banyak banget. Engine/Mesin untuk membangun visual novel juga cukup beragam, mulai dari Ren’Py, KiriKiri, NScripter, dan masih banyak lagi.

Gameplaynya, kalian hanya cukup membaca teks yang diucapkan oleh karakternya dan melihat animasi-animasi yang diperagakan oleh karakternya (walau hanya sebagian developer yang berani mengimplementasikan animasi dalam visual novelnya). Simpelnya, kalian macam nonton anime, tapi ini interaktif. Kenapa interaktif? Kalian bisa memilih rute cerita dengan bebas!

Kebetulan Konosora bergenre romance juga, hubungan asmara anda bergantung pada pilihan anda XD

Dan juga, ada pula visual novel untuk pemilihan rutenya kalian harus memainkan minigame terlebih dahulu seperti Danganronpa, Doki-Doki Literature Club, dan lain-lain.

Eits, akan tetapi banyak pula Visual Novel (bahkan gua ingin bilang nyaris 90%) yang didalamnya ada adegan seksualnya. Jadi, apabila kalian ingin bermain visual novel, perhatikan pula ratingnya. Konosora yang telah saya perlihatkan di atas sebelumnya termasuk game dengan rating 18 tahun keatas.

Jadi gimana? Atau masih kurang? Banyak kok game wibu yang berkeliaran di luar sana yang mungkin saya gabisa tulis. Jadi, selamat bermain ya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×