Menu Tutup

Apa Itu Gijinka dan Apa Bedanya dengan Moefikasi?

Hai, MedForians!

Jepang entah mengapa tidak pernah kehabisan ide dalam membuat sebuah cerita untuk manga, novel ringan, atau anime mereka. Banyak hal yang diangkat menjadi sebuah cerita, mulai dari kisah legenda yang kompleks atau hal lainnya, seperti benda di sekitar kita, kapal perang, hewan, bahkan hingga sel darah merah atau Trombosit sekalipun.

Ini Trombosit.

Mungkin banyak diantara MedForians yang sudah menonton Anime seperti “Kantai Collection”, “Kemono Friends”, atau “Cells at Work”. Semua itu adalah beberapa contoh dari topik yang akan kami bahas, Gijinka dan Moefikasi.

Kedua hal tersebut serupa namun tak sama lho, jadi sebenarnya apa itu “gijinka” dan “moefikasi”? Simak pembahasannya berikut!

Gijinka adalah…

Sel Darah Putih dari serial Hataraku Saibou

Gijinka (擬人化) adalah bahasa Jepang untuk “Personifikasi” atau pengumpamaan sebuah objek layaknya seorang manusia. Ini biasanya ditemui di karya sastra seperti puisi dan sajak, namun di Jepang juga berkembang menjadi proses pembuatan karakter dan cerita dalam manga, novel ringan, atau anime.

Karakter Gijinka biasanya digambarkan dengan beberapa aspek penampilan hingga perwatakan yang khas.

Moefikasi adalah…

Kemono Friends, Moefikasi Hewan

Moefikasi tidak jauh beda dengan Personifikasi, malah istilah ini merupakan turunan dari Gijinka.

Moefikasi adalah proses personifikasi, namun proses penciptaannya objeknya selalu berakhir menjadi karakter Wanita “Moe”.

Moe adalah sebuah slang dalam bahasa Jepang yang berarti minat kuat terhadap karakter tertentu dalam permainan video maupun anime dan manga dan perwujudannya.

Jadi, itulah definisi Gijinka dan Moefikasi. Sungguh menarik saat melihat ada kapal perang atau hewan yang mencintai kita.

Sebarkan agar teman-teman kalian tahu, dan beri pendapat kalian di kolom komentar.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×