Menu Tutup

Duolingo, Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing #REPLIKA

Hai MedForians!

Apakah kalian sedang tertarik mempelajari suatu bahasa asing?

Mungkin diantara sebagian orang, ada yang biasa mempelajari lewat kamus atau jika mempunyai dana lebih bisa mengikuti suatu “Kursus bahasa asing”.

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya mempelajari suatu bahasa asing tanpa harus mengikuti kursus atau sesuatu yang dapat membebani ekonomi kita?

Tenang saja MedForians! dengan bermodalkan Smartphone dan koneksi internet kita dapat mempelajari suatu bahasa asing secara gratis!

Nama dari aplikasi tersebut ialah Duolingo.

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa gratis yang diciptakan oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker. Aplikasi ini selain tersedia dalam versi web juga tersedia dalam versi Android, iOS dan Windows Phone. Sekitar 100 juta pengguna dari seluruh dunia sudah mendaftar di aplikasi ini.

Saat pertama kali dijalankan, kamu harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu, kamu bisa membuat akun Duolingo yang baru atau menggunakan akun Google yang telah kamu buat sebelumnya.

Setelah itu Duolingo meminta kamu untuk memilih jenis bahasa yang ingin dipelajari. Jenis bahasa yang disediakan pun beragam, ada bahasa Prancis, inggris, indonesia, Jepang, yunani, spanyol, portugis dan bahasa yang lain. Kamu bebas menentukan bahasa apa yang ingin kamu pelajari. Jika kamu ingin mempelajari bahasa inggris, kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia di sistem Duolingo supaya bisa mempelajari bahasa inggris lebih mudah.

BACA JUGA :  Perkenalkan Logo Baru Android OS, Lambangkan Keterbukaan

Setelah bahasa pilihan ditentukan, kamu akan diminta menentukan target belajar dari pilihan yang tersedia. Selanjutnya, akan ada dua pilihan pelajaran. “Mulai dari awal” dan “Ujian penempatan.”

Pada setiap bahasa yang akan kita pelajari, bahasa asing tersebut dibagi menjadi Beberapa dasar atau tingkatan. Proses awal belajar tentu akan diisi oleh materi yang mudah dengan level kesulitan yang terus meningkat. Bila kita lulus dalam beberapa materi pelajaran, kita akan mendapatkan bonus penghargaan untuk naik ke tingkatan selanjutnya. Dalam setiap tes pelajaran di Duolingo, kita punya 4 nyawa yang harus dipertahankan agar tidak kembali lagi ke tes bagian awal.

Duolingo juga menyediakan fitur Pertemanan yang menghubungkan kita dengan pengguna Duolingo lainnya. Kita bisa membandingkan score kita dengan score orang lain yang telah kita ikuti sebelumnya. Kamu bisa bergabung dengan klub untuk berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa asing yang sedang dipelajari.

Screenshot_2018-07-13-17-09-24-415_com.duolingo

Interface (Antar muka) dan Menu-menu Duolingo

Duolingo mempunyai interface yang terbilang rapi dan enak dilihat. Menurut kami rancangan yang mereka terapkan sengaja dibuat sedemikian rupa agar teks terlihat dominan. Dengan demikian pengguna makin mudah membaca setiap susunan kata yang muncul.

BACA JUGA :  Nama Versi Android Terbaru Tak Lagi Pakai Nama Manisan

Screenshot_2018-07-13-17-09-03-016_com.duolingo

Di bagian kiri ada menu yang berisikan bahasa-bahasa yang dipelajari dan juga menu untuk menambahkan jenis bahasa baru.

Screenshot_2018-07-13-17-10-34-586_com.duolingo

Sementara di tombol menu di sisi kanan atas memuat beberapa panel, antara lain pengaturan, feedback dan keluar.

Screenshot_2018-07-13-17-10-23-980_com.duolingo

Pengaturan memuat informasi data diri pengguna mulai dari nama, email, dan pengaturan lainnya. Di pengaturan ini juga terdapat pesan pengingat untuk belajar yang akan dikirimkan ke alamat Email kamu.

Screenshot_2018-07-13-17-10-31-215_com.duolingo

Menurut kami Aplikasi Duolingo sangat cocok bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa asing dengan serius dan secara gratis.

Karena aplikasi ini sangat populer, maka pada tahun 2013 Google memberikan penghargaan “Google Play’s Best of The Best 2013 ” kepada Doulingo.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×