Menu Tutup

Game Bertemakan Jepang Yang Sangat Luar Biasa Berbeda dan Anti Mainstream!

Hai, MedForians!

Hari ini saya lagi, dan lagi akan membahas game dari E3 2018 lalu, sepertinya memang benar – benar tidak ada habisnya jika membahas soal game yang ditunjukkan pada E3 2018 lalu.

Terlebih kali ini game yang saya bahas memang mempunyai unsur jepang yang sangat kental sekali, bukan berarti saya hardcore fans jepang yang biasa dijuluki wibu bau bawang ya guys. Tapi alasan saya pada pembahasan kali ini saya membahas game tersebut karena memang ada unsur yang sangat berbeda namun tetap menonjolkan ciri khas tradisional dari negara tersebut, baik langsung saja disimak pembahasan kali ini.

Ghost of Tsushima, terdengar menyeramkan bukan tapi tunggu dulu ini bukan game horor melainkan game bertemakan sejarah yang membentang akan kebebasan mengeksplorasi dunia tersebut. Pada pagelaran E3 2018 lalu Ghost of Tsushima sudah menunjukan gameplay footage nya yang membuat semua bulu kuduk kita merinding sekaligus terkagum – kagum, ada beberapa hal yang dijelaskan yang menjadi point penting saat presentasi tersebut oleh developer terkait gameplay nya dan saya akan merangkum inti dari point game tersebut.

Point pertama yang dijelaskan dan ditunjukkan oleh Sucker Punch Productions melalui trailer terbarunya adalah bagaimana bentuk dari dunia game ini. Secara sekilas Ghost of Tsushima akan memberikan kalian sebuah game Open World berfariasi mulai dari Hutan, Padang Rumput, Pegunungan, dan semua lokasi yang bertemakan jepang. Sucker Punch juga menunjukan bahwa seluruh Ambience betul betul dikerjakan dengan serius dari efek Asap, Daun – Daun yang gugur, sampai suara – suara Pohon Bambu untuk menambah kesan imersif pada game ini. Dalam berkeliling di dunia kita juga ditunjukkan bahwa kita bisa menunggangi kuda dalam angle nya juga secara sinematik hampir mirip seperti Shadow of the Colossus, selain Ambience suasana yang diberikan pada game ini beberapa hewan liar juga diperlihatkan pada game ini membuat dunia pada game ini menjadi lebih hidup dengan adanya hewan – hewan pastinya membuat kita berfikir apakah nanti bisa berburu pada game ini untuk kebutuhan makanan atau mungkin crafting, tentunya ini masih belum dipastikan karena memang developernya belum bisa menjawab terkait hal berburu dan crafting ini. Yang pastinya untuk lokasi yang kita jajaki ini sama seperti nama game nya adalah di pulau Tsushima pada era penjajahan mongolia.

BACA JUGA :  Anime Houkago Teibo Nisshi Umumkan Staf, Tayang April 2020

Point kedua adalah detail atau partikel yang ada pada game ini, Saya rasa memang Sucker Punch sengaja mengutamakan partikel – partikel di dunia game ini karena memang Sucker Punch sudah paham betul menangani soal partikel pada game yang dikerjakannya, karena seperti Infamous Second Son yang punya segudang partikel yang luar biasa rapih dan detail. Membuat Sucker Punch kembali lagi menunjukan berbagai partikel dan mengembangkan nya dalam game terbaru yang ia kerjakan mulai dari tetesan darah, percikan api dari gesekan samurai, cipratan lumpur, dan hal detail lainnya karena Sucker Punch kabarnya mengkalkulasi semua partikel – partikel tersebut dengan tepat dan detail. Developernya kini juga menginformasikan akan ada banyak tumpahan darah pada saat bertarung dan juga efek suara tebasan pedang, semua hal tersebut memang sudah dikalkulasi secara detail supaya memang meninggalkan kesan Artistik, Imersif, dan Realistik pada saat gameplay berlangsung.

Point terakhir adalah combat system, pada gameplay footage E3 2018 lalu kita ditunjukkan kombat sistem yang sangat luar biasa karena terlihat satu tebasan saja bisa sangat mematikan dan langsung membunuh musuh. Disamping satu tebasan yang mematikan tersebut sepertinya akan ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh tokoh yang kita mainkan nantinya mulai dari Poke, Counter, dan Direct Hit. Dalam gameplay tersebut kita juga diperlihatkan eksekusi animasi yang sangat berfariasi dan nyata ala pro samurai pada era tersebut, secara keseluruhan kombat sistem yang dimiliki game ini memang betul – betul menimbulkan kesan pro samurai yang aktif sehingga gerakan tersebut tidak monoton pada saat dimainkan nanti karena pada saat melawan boss fight pada gameplay footage lalu kita ditunjukkan angle sinematik yang berbeda dan kombo yang luar biasa rumit. Pada setiap serangan juga kita ditunjukkan bagaimana cara menyerang yang benar dan harus memperhitungkan setiap gerakan dengan timing yang tepat sebab jika kita menyerang terlalu terburu – buru serangan kita justru akan berdampak buruk kepada kita sendiri.

Pada game ini juga kita diberikan fitur Stealth Mode namun pada mode tersebut sepertinya kita tidak diberikan sesuatu yang baru melainkan hanya sekedar Stealth Mode biasa pada umumnya. Yang berbeda yaitu ada pada Gear yang kita bisa gunakan pada game ini seperti alat yang bergelantungan yang disediakan pada lokasi – lokasi tertentu bisa kita gunakan untuk memanjat kemana saja sehingga kita bisa memberikan serangan yang unik untuk menutupi Stealt Mode yang monoton tersebut.

BACA JUGA :  Elex Media Rencanakan Perilisan Komik Komi-san wa Komyushou desu

Secara keseluruhan dari kombo sistem pada game ini adalah kita diberikan inside bahwa kita bisa menyerang bebas sesuai gaya serangan yang kita sukai, yang jelas pada game ini sudah pasti ada fitur Upgradeing skill namun Sucker Punch masih merahasiakan hal tersebut seperti apa mekanismenya. Sucker Punch juga memberikan kita sedikit bocoran terhadap tokoh utama yang kita gunakan akan ada fitur dimana kostum yang kita pakai seperti baju,celana,topi dan aksesoris, beserta senjata bisa diganti namun yaitu tadi Sucker Punch masih merahasiakan secara keseluruhan tapi Kemungkin Sucker Punch akan memberikan sebuah kejutan fitur baru pada game ini, kita tunggu saja pada saat game ini rilis.

Kesimpulan saya terhadap game ini adalah ini sebuah game yang sangat luar biasa besar yang membawakan kejutan dan gebrakan baru pada industri game saat ini dimana kita bisa lihat game – game sekarang mayoritas terpaku pada hal mainstream yang saat ini sedang digandrungi para gamers di dunia, namun Sucker Punch melawan arus atas karya nya yang begitu sangat luar biasa.

Semoga ketika game ini rilis nanti membawakan hype besar terhadap gamers di dunia ini dan membawakan hal baru pada era berikutnya, nah itu dia pembahasan saya kali ini terkait game jepang yang luar biasa berbeda dan anti mainstream.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×