Menu Tutup

KaiOS – Revolusi untuk Feature Phone

Hai MedForians!

KaiOS, sistem operasi berbasis HTML5 adalah sebuah revolusi untuk feature phone. KaiOS ini memiliki segudang fitur yang setara dengan Ponsel Pintar seperti App Store, Facebook, dan bahkan Google Assistant! Siapa orang dibaliknya, apa saja fiturnya, dan untuk siapa KaiOS ini? Mari kita simak pada artikel kali ini.


Siapa Orang Dibalik KaiOS?

KaiOS yang berbasis HTML5 ini dibangun oleh KaiOS Technologies Inc. yang dipimpin oleh Sebastien Codeville. KaiOS sendiri adalah fork dari Boot To Gecko, suksesor dari Firefox OS yang dihentikan pengembangannya oleh Mozilla pada tahun 2016.

Beberapa tampilan UI dari KaiOS

Beberapa perusahaan besar tertarik dengan projek KaiOS ini. Salah satu diantaranya adalah Google, Nokia, Qualcomm. Nokia beberapa bulan lalu mengumumkan bahwa feature phone reinkarnasi dari Nokia 8110 menggunakan OS ini. Sedangkan Qualcomm membantu kompatibilitas chipset mereka dengan KaiOS. Google, selain menanamkan aplikasi milik mereka ke OS ini, juga ikut berinvestasi sebesar sekitar 314 miliar rupiah untuk perkembangan KaiOS ini.

BACA JUGA :  Kolaborasi Sunrise x Hino Motors Ciptakan Iklan Anime Bertema Masa Depan

Apa saja Fitur dari KaiOS?

Fitur didalam KaiOS ini sangat mirip dengan smartphone jaman sekarang, seperti App Store, Facebook, Youtube, bahkan Google Assistant.

Untuk Siapa KaiOS ini Dibuat?

KaiOS sendiri ditujukan untuk pasar negara berkembang seperti India dan Indonesia. Juga ditunjukkan untuk pengguna ponsel pemula yang tidak telalu melek teknologi, dan tidak terlalu membutuhkan ponsel yang advanced. Sampai sekarang, KaiOS sudah terpasang pada ponsel Alcatel OneTouch Go Flip, berbagai ponsel besutan JioPhone, Nokia 8110 4G, dan Doro 7050/7060.

Nokia 8110 4G, reinkarnasi dari Nokia “Pisang” 8110 yang dulu sukses dipasaran


Nah itu dia KaiOS, sistem operasi feature phone yang fiturnya setara dengan ponsel pintar jaman sekarang. Tertarik? Bagikan artikel ini kepada saudara atau rekanmu agar mereka tau bahwa ada alternatif sistem operasi selain Android dan iOS!

BACA JUGA :  Sebuah Rangkuman Dari Made By Google Event 2019

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×