Menu Tutup

Resmi, Xiaomi Rilis Mi A2 dengan Dua Versi!

Hai, MedForians!

Xiaomi bermitra dengan Google melalui program Android One sejak tahun lalu, dengan ponsel Mi A1. Ponsel ini menggabungkan kemampuan perangkat keras Xiaomi dengan kesederhanaan Android One, menjadikannya salah satu ponsel murah terbaik tahun 2018.

Setahun kemudian, Xiaomi memperbarui kolaborasinya dengan Google dengan meluncurkan dua ponsel Android One yakni Mi A2 dan Mi A2 Lite. Kedua ponsel ini memiliki fitur peningkatan yang komprehensif dari Mi A1, dan Xiaomi merencanakan untuk membuat kedua perangkat tersebut tersedia di lebih dari 40 pasar di seluruh dunia.

Perbedaan utama antara kedua ponsel ini – dari sudut pandang estetika – adalah Mi A2 memiliki layar dengan aspek rasio 18:9, dengan Mi A2 Lite menawarkan panel 19:9 dengan notch diatasnya.

Secara internal, Mi A2 didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 660, sedangkan A2 Lite menjalankan Snapdragon 625 yang sudah familiar dijumpai pada ponsel kelas menengah. Di bagian perangkat lunak, kedua perangkat menjalankan Android 8.1 Oreo, dan pengingat bahwa mereka adalah bagian dari Android One berarti mereka akan menjadi salah satu telepon pertama yang akan mendapat pembaruan Android P.

Mi A2, Android One Rasa Ponsel Premium

Mi A2 memiliki layar 5,99 inci FHD + 18:9 yang didukung oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5. Kaca melengkung 2.5D membuat ujung-ujungnya menyatu dengan mulus ke bingkai tengah, dan ponsel ini juga memiliki lekukan halus di belakang sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipegang.

BACA JUGA :  Dua Smartphone Perdana Buatan Rwanda Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya!

Xiaomi telah menggunakan platform Snapdragon 660 selama lebih dari setahun sekarang, dan Mi A2 adalah salah satu ponsel terbaru yang menggunakan chipset tersebut. Snapdragon 660 sangat terkenal karena menjadi andalan SoC untuk ponsel flagship bahkan dari beberapa generasi yang lalu, dan dapat dikatakan bahwa chip ini adalah salah satu yang terbaik dalam kategori ini.

Ponsel ini ditenagai baterai 3010mAh didalamnya, memori hingga 6GB RAM dan 128GB untuk penyimpanan, Wi-Fi ac, Bluetooth 5.0, dan port USB-C.

Kamera utama dengan sensor 12MP IMX 376 dikawinkan dengan modul 20MP dengan piksel sebesar 2,0um. Kamera depan juga memiliki sensor 20MP yang sama dengan piksel 2,0um, dan sama seperti Redmi Note 5 Pro, Mi A2 memiliki mode potret yang ditenagai AI.

Mi A2 Lite, versi “Lite” tetapi Kuat!

Kemudian, kita disuguhkan dengan versi “lite” dari Mi A2.

Walaupun mengusung brand “lite”, Mi A2 Lite bukan hanya varian dari Mi A2 dengan perangkat keras yang diperkecil – ponsel ini hanya memiliki notch untuk mengakomodasi modul kamera dan sensor yang diperlukan.

BACA JUGA :  Kolaborasi Sunrise x Hino Motors Ciptakan Iklan Anime Bertema Masa Depan

Xiaomi telah mengatakan sebelumnya bahwa mereka tetap memakai Snapdragon 625 untuk keseimbangan antara efisiensi dan kinerja. Xiaomi meluncurkan lebih dari beberapa ponsel yang didukung oleh chipset ini – termasuk Mi A1 tahun lalu – jadi tidak akan ada perbedaan kinerja antara A2 Lite dan A1 yang kita lihat tahun lalu.

Pada dasarnya, Mi A2 Lite memiliki dasar yang sama dengan pendahulunya, meskipun dengan desain yang segar untuk tahun 2018. Namun, satu kelemahan adalah bahwa A2 Lite hanya memiliki port Micro-USB, pilihan yang membingungkan mengingat Mi A1 memiliki port USB- C untuk pengisian daya.

Mi A2 juga masih mempertahankan jack audio untuk headphone disaat produsen lain mulai menghilangkannya.

Via Android Central

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×