Menu Tutup

Sekilas Tentang DOSBox

Hai MedForians!

Kalian tahu apakah itu DOSBox? DOSBox adalah salah satu program emulator yang mengemulasi komputer IBM PC compatible yang menjalankan sistem operasi DOS. Program ini diprakarsai oleh Peter Veenstra, Sjoerd van der Berg, Tommy Frössman, dan Ulf Wohlers. Pertama kali diluncurkan pada 22 Juli 2002. Versi stabilnya 0.74 pada tanggal 22 Juli 2010. Namun, program ini masih terus dikembangkan ke fork yang lain, seperti, DOSBox SVN r4122 yang dirilis 25 Juni 2018, dan juga DOSBox-X milik Jon Campbell yang bisa ditambahkan emulasi untuk sistem komputer Jepang seperti NEC PC-98.

DOSBox merupakan program yang menggunakan perintah baris. Program ini begitu populer di kalangan pemain video game jadul karena fiturnya yang tergolong lengkap bagi sebuah emulator DOS yang kecil. Bisa menjalankan program DOS pada real mode atau protected mode. Dukungan untuk kartu grafis dan kartu suara juga cukup luas. Emulasi grafis meliputi text mode, HerculesCGATandyEGAVGA, dan lain-lain. Untuk suara meliputi  PC speaker (bukan menggunakan PC speaker internal sungguhan), AdLibGravis UltrasoundCreative Music System/GameBlasterSound Blaster 1.x/2.0/Pro/16, dan lain-lain. Keluaran suara MIDI juga didukung melalui antarmuka MPU-401 yang apabila host memiliki konektor MIDI-Out fisik atau perangkat lunak MIDI synthesizer yang cocok. Sangat lengkap bukan?

Untuk video game yang didukung juga cukup banyak. Mulai dari yang terkenal seperti DOOM, Wolfenstein, Commander Keen, Civilization, Prince of Persia, Sim City, Duke Nukem, The Need for Speed, dan lainnya. Kalian juga bisa menjalankan program DOS yang lain seperti Microsoft Word, PhotoPC,  QuickView Pro, dan lain-lain. Bahkan kalian bisa memasang Windows 3.1 di dalamnya! Wow!

Kunjungi website di sini!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×