Menu Tutup

Siapkah Emtek dan TVRI dalam Siarkan Asian Games 2018?

Hai, MedForians!

Kurang dari 1 bulan lagi, Indonesia akan menjadi saksi sejarah pada ajang olahraga terbesar se-Asia. Yap, Anda benar! Asian Games kembali diselenggarakan tahun ini, dan Indonesia menjadi tuan rumahnya. 18th Asian Games 2018 dilaksanakan di dua kota: Jakarta dan Palembang, dengan 64 cabang olahraga.

Salah satu yang paling dipertimbangkan dari gelarnya suatu ajang olahraga adalah media yang menyiarkannya. Karena media merupakan salah satu alat yang cukup dapat menggaet banyak orang untuk tahu lebih dalam soal event yang diselenggarakan.

Televisi merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam hal ini, karena merupakan salah satu tolak ukur dalam keberhasilan sebuah event olahraga. Kualitas gambar bagus, juga kualitas internal dan eksternal, dan kualitas konten merupakan salah satu kuncinya. Terutama bagi Emtek sebagai Home Broadcaster untuk Asian Games 2018 ini.

Emtek yang menaungi beberapa stasiun televisi nasional seperti SCTV, dan Indosiar terus berbenah mempersiapkan diri menjelang pesta olahraga terbesar se-Asia ini, salah satu-nya dengan merombak kualitas gambar-nya agar dapat terlihat lebih baik, karena feed siaran Asian Games tidak hanya untuk Indonesia saja, namun untuk negara-negara di Asia yang menayangkan Asian Games 2018. Kalau kualitas gambar buruk, malu bukan dilihat orang luar?

BACA JUGA :  Inilah Judul-Judul Game Baru yang Diumumkan di Nintendo Direct!

Yaps, beberapa waktu ini SCTV dan Indosiar sedang mengujicoba siaran HD (High Definition)-nya.

SCTV kini bersiaran dalam kualitas High Definition.

Siaran SCTV dan Indosiar HD ini dapat disaksikan melalui situs streaming milik Emtek, Vidio. Dan juga di Nexmedia.

Seperti yang dapat dilihat, siaran definisi tinggi SCTV-Indosiar mengandalkan resolusi 16:9 dengan format Safe Area.

Nah, bagaimana dengan cabang olahraga yang disiarkan? Nampaknya Emtek masih setengah hati dalam menyiarkan ajang olahraga ini.

Dikutip dari akun Twitter resmi TVRI Nasional, Emtek hanya menyiarkan sebagian kecil dari 64 cabang olahraga yang dipertandingkan. Cabang olahraga yang disiarkan Emtek hanyalah Sepakbola, Badminton, dan Voli, sedangkan cabang lainnya akan ditayangkan TVRI.

Mengingat TVRI kini juga memiliki kanal HD khusus olahraganya sendiri yakni TVRI Sports HD, kemungkinan besar siaran Asian Games di TVRI juga akan ditayangkan dengan kualitas HD.

BACA JUGA :  Hary Tanoe Siap Berkongsi Dengan Vivendi

Siapkah Emtek dan TVRI dalam menyiarkan ajang bergengsi ini? Harapannya kedua media tersebut dapat menjadi sarana penyebaran “demam” Asian Games yang diharapkan oleh Pemerintah. Dan seharusnya sudah siap dalam menjalani tugas penyiaran pesta olahraga ini.

Baca Juga