Menu Tutup

Tutorial PowerPoint #01: Membuat Animasi Sederhana Iklan Acara Televisi

Hai, MedForians!

PowerPoint adalah software dari keluarga Microsoft Office yang sesuai namanya, sangat Powerful! Tidak hanya untuk membuat presentasi untuk tugas sekolah, kuliah, ataupun keperluan bisnis, PowerPoint juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ini semua dapat kamu baca pada artikel ini.

Mulai artikel ini, Media Formasi akan memberikan tutorial PowerPoint untuk MedForians agar bisa memanfaatkan PowerPoint secara lebih lagi!

Untuk seri perdana Tutorial PowerPoint kali ini, Media Formasi akan memberitahumu cara membuat animasi sederhana untuk iklan program acara di Televisi. Mari simak!

Langkah 1 : Desain

Sebelum masuk ke animasi, tentu diperlukan desain yang pas terlebih dahulu agar bisa dianimasikan. Kita tentunya harus memasukkan objek gambar, teks, dan lainnya.

1. Buka Microsoft PowerPoint seperti biasa, dan buat slide kosong (disarankan menggunakan Office versi 2010 atau yang lebih baru)

1

2. Hapus placeholder “Click to add title” dan “Click to add subtitle”. Kita akan memanfaatkan fitur “Text Box” sehingga Title dan Subtitle tidak diperlukan. Ini akan dibahas pada langkah berikutnya.

2

3. Setelah dihapus, tambahkan Text Box, Gambar, Video, atau Audio sesuai selera melalui tab Insert. Kreasikan desainmu, anggap slide yang kamu kerjakan adalah layar televisi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Animasi

Setelah desain telah selesai, saqtnya untuk menganimasikannya.

4. Untuk menganimasikan desainmu, klik tab “Animations” dan kemudian pilih opsi animasi yang kamu inginkan. Pilih animasi entrance untuk membuat objek muncul di layar. Tersedia banyak pilihan, jadi bisa kamu coba satu persatu. Pada contoh ini, Klik salah satu objek (misalnya kotak di belakang foto), kemudian pilih animasi “Fly In”.

5. Kotak tersebut kini telah memiliki animasi, tentukan arah darimana Kotak tersebut akan muncul dengan memilih Effect Option. Misalnya kita ingin dari arah kanan, pilih “From Right”

6. Agar dapat mengatur timing, buka “Animation Pane” di tab Animations. Setelah terbuka, akan terlihat objek yang telah dianimasikan. Kita dapat melihat timing kapan animasi tersebut muncul dengan klik kanan nama objek di Animation Pane > Show Advanced Timeline. Semua objek di Animation Pane akan dianimasikan secara berurutan dari atas ke bawah tergantung objek mana yang kamu tambahkan terlebih dahulu.

7. Setelah itu maka akan muncul kotak kecil atau segitiga (tergantung jenis animasi) untuk mengatur waktu muncul saat slideshow. Agar animasi kotak tadi langsung berjalan tanpa harus dikendalikan, kamu dapat membuatnya otomatis berjalan saat slideshow dijalankan dengan cara Klik kanan nama objek (agar tahu nama objeknya, klik objek yang dimaksud pada slide.) dan pilih “Start with Previous”. Ubah berapa lama kotak muncul dengan mengubah “Duration” yang ada di tab Animations.

8. Kini animasi kotaknya sudah muncul dari kanan, namun animasinya belum terlihat halus. Agar animasinya halus, klik kanan nama objek kotak kemudian pilih Effect Options. Dan atur slider Smooth Start atau Smooth End di dialog box yang muncul. Jika sudah, klik OK.

9. Animasi kotak sudah selesai, kini saatnya menganimasikan objek tulisan dan logo. Pilih semua objek tulisan dan logo dengan memblok objek tersebut di slide. Klik kiri di mouse dan seret mouse sampai semua terpilih. Jika sudah, kita akan coba memberi animasi “Fade”. Klik “Fade” di tab Animations.

10. Jika sudah, maka di Animation Pane akan muncul semua objek animasi yang memiliki animasi Fade, semuanya muncul bersamaan saat objek bernomor 1 muncul (di klik), tentunya kita ingin mengubahnya agar muncul otomatis saat animasi kotak telah selesai. Untuk mengubahnya, klik kanan objek bernomor 1 di Animation Pane, dan ubah menjadi “Start with Previous”. Seret kotak hijau disamping nama objek hingga ujung objek animasi kotak sebelumnya. Setelah itu, Tekan Ctrl-klik kiri animasi selanjutnya yang belum dianimasikan bersamaan dengan sebelumnya, dan klik kanan > Start With Previous.

11. Kini, animasikan foto dengan melakukan langkah nomor 4 hingga 8. Jika sudah, klik kanan nama objek dan pilih “Start with Previous”, drag ke kiri kotak hijau agar muncul sebelum objek tulisan.

Kamu dapat langsung melihat animasi yang baru saja kamu buat dalam slideshow presentasi ini dengan menekan F5.

BACA JUGA :  Ramaikan Pemilu 2019, Google Tampilkan Doodle Spesial

Mudah bukan? Jika belum jelas, Media Formasi memberikan file .pptx tutorial ini pada tautan berikut.

Itulah tutorial edisi perdana kali ini, simak tutorial PowerPoint lainnya di lain kesempatan! Bagikan juga ke teman-teman dan kerabat!

BACA JUGA :  Microsoft Kembangkan Bahasa Pemrograman Baru, Bosque

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

Loading...
×