Android P Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

Teknologi 7 Agt 2018

Hai MedForians!

Setelah menunggu setengah tahun developer preview dari sistem operasi berbasis Linux ini, akhirnya hari ini (7/8/2018) Google resmi meluncurkan versi terbaru dari Android 9.0 atau Android P. Pada hari ini juga, Google mengumumkan bahwa Android P ini diberi nama Android Pie, mengacu pada nama versi Android yang selalu menggunakan nama dessert. Apa saja fitur terbaru di Android Pie ini?

Digital Wellbeing

Digital Wellbeing adalah fitur yang lumayan digembor-gemborkan pada Google I/O 2018. Digital Wellbeing adalah fitur yang sangat bermanfaat untuk pengguna smartphone yang terlalu addict agar dapat membatasi penggunaan smartphone-nya.

Adaptive Battery Saver

Dengan Adaptive Battery di Android Pie ini, Google menggunakan Machine Learning agar sistem bisa memprioritaskan baterai pada aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna.

Beberapa Tweak pada Tampilan

Beberapa sektor seperti pada tray quick settings, notifikasi, recent apps, app launchersettings, dan beberapa perubahan minor pada aplikasi lainnya agar mengikuti Material Design versi 2018.

Kapan Android Pie Bisa Dinikmati?

Sampai tulisan ini dirilis, Android Pie sudah dirilis kepada pengguna Google seri Pixel, Essentials Phone, dan beberapa ponsel Android akan segera menyusul.

Bagaimana pendapatmu? Tertarik untuk update ke Android Pie? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design and Videography