Fokus : Selamat Hari Pertelevisian Nasional 2018!

Media 24 Agt 2018

Hai, MedForians!

Tahukah kalian jika tepat di hari ini, tiga stasiun televisi lahir menyapa pemirsa di Indonesia?

Kantor TVRI Nasional, Senayan, Jakarta

Ya, diawali oleh siaran perdana Televisi Republik Indonesia mulai 24 Agustus, 56 tahun yang lalu sebagai sarana media menyambut Asian Games di Jakarta. Ini adalah revolusi dunia penyiaran di Indonesia.

Ornamen Rajawali di Pintu Masuk Kantor RCTI Kebon Jeruk, Jakarta

Tepat 27 tahun kemudian, lahirlah sebuah stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yang menjadi awal komersialisasi penyiaran televisi di Indonesia, Perusahan tersebut adalah Rajawali Citra Televisi Indonesia, buah kerjasama joint venture Rajawali Corpora dan Bimantara Citra.

Gedung SCTV Tower, Senayan City, Jakarta

Setahun kemudian, sebagai perpanjangan tangan RCTI yang bersiaran di Jakarta, lahirlah Surya Citra Televisi yang awalnya bernama Surabaya Citra Televisi di kota pahlawan Surabaya, Jalan Darmo tempatnya. Awalnya menjadi “RCTI stasiun Surabaya”, namun SCTV mencoba berdikari dengan memindahkan kantornya ke Jakarta dan membuat program beritanya sendiri, Liputan 6.

Sejak saat itu, lahirlah banyak televisi swasta yang mewarnai layar kaca pemirsa Indonesia.

Semua itu terjadi di tanggal 24 Agustus, oleh karenanya hari ini ditetapkan menjadi Hari Pertelevisian Nasional.

Oleh karenanya, keluarga besar dan kerabat kerja Media Formasi mengucapkan Selamat Hari Pertelevisian Nasional, Semoga dunia penyiaran Indonesia semakin maju, berkembang, dan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan masyarakat Indonesia kedepannya.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar mengenai Hari Pertelevisian Nasional ini!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.