Menu Tutup

Hands On Oppo Find X | Ponsel Masa Depan?

Hai MedForians!

Oppo Find X adalah smartphone yang sedang panas panasnya di 2018 dikarenakan memboyong kamera yang bisa disembunyikan. Pada kesempatan kali ini, kontributor Media Formasi Jabar Banten, Muhammad Fadly Saripudin berkesempatan untuk Hands On ponsel pintar terpanas tahun ini.

Sudah lama seri Find-nya Oppo tidak keluar, kini Oppo kembali membuat gebrakan baru dengan 3 kamera motorik dan no-notch bezelless smartphone dengan ketipisan bezel yang hampir 99%. Dirilis pada 18 Juli lalu di pasar Indonesia, ponsel yang dibanderol dengan harga 13 juta rupiah ini mengusung tagline “The Future Flagship” yang memang pas sekali jika kita melihat dari desainnya. Device yang kali ini saya hands on adalah yang versi biasa, bukan yang Lamborghini Edition.

Isi kotak

Isi kotaknya sendiri terdiri dari :

  1. Smartphone Oppo Find X-nya sendiri
  2. Charger “VOOC Fast Charging” berkecepatan 5V / 4A
  3. Kabel Data berjenis USB tipe C
  4. Earphone yang sekilas mirip punyanya Apple
  5. Headphone Jack ke USB tipe C
  6. Semi-hard Case untuk perlindungan pertama
  7. SIM Ejector
  8. Kartu Garansi dan Buku Petunjuk Pemakaian yang tentunya jarang sekali orang baca ini
  9. Lap, karena permukaan depan dan belakang smartphone ini sangat bersahabat dengan sidik jari

Bodi Ponsel

Ponsel dengan diameter 6.17 x 2.92 x 0.37 inch ini sama sekali tidak menampakkan apa apa di depan, hanya ada layarnya saja yang membentang seluas 6.42 inch dengan rasio 19.5:9 dan dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass generasi ke 5. Di belakang hanya nampak merek Oppo, tulisan FIND X dan Designed by Oppo, dan aksen kurva diatasnya. Bodi Oppo Find X ini menggunakan bahan kaca dengan frame aluminium pada bagian sisinya. Ponsel ini saya sarankan menggunakan semi-hard case ini agar permukaannya tidak gampang kotor dan agar tidak terlalu licin digenggam.

Tampak samping kanan dari Oppo Find X ada tombol volume, samping kiri hanya ada tombol Power, diatas ada lubang microphone, di bawah terdapat grill speaker, port USB tipe C, dan slot untuk Nano SIM Card. Ponsel ini tidak menyertakan slot untuk microSD Card karena sudah memiliki kapasitas 128GB.

BACA JUGA :  Perangkat Virtual Gatebox Tambahkan 6 Waifu Anime Terkenal

Kamera

Didalam kurva itu sendiri terdapat mekanisme kamera beserta sensornya. Untuk kamera depan, Oppo menyertakan ponsel ini dengan kamera 24 Megapiksel dengan bukaan 2.0 yang bisa menangkap rekaman video hingga 1080p dengan framerate 30fps.

Sedangkan kamera belakang menggunakan dua kamera yang masing masing memiliki piksel berukuran 16 Megapiksel dengan bukaan 2.0 beserta fitur Optical Image Stabilizer dan 20 Megapiksel dengan bukaan 2.0 tanpa Optical Image Stabilizer. Kamera belakangnya ini dapat menangkap rekaman video hingga 2160p di angka 30fps, 1080p di angka 240fps, dan 720p di angka 480fps.

Performa

Ponsel ini ditenagai dengan chipset Qualcomm Smapdragon 845 Quad-Core yang disertai dengan GPU Adreno 630, dan RAM 8GB yang cukup besar untuk sekedar bermain sosial media. Ponsel ini dibekali dengan antarmuka ColorOS versi 5.1 berbasis Android versi 8.1 Oreo yang dioptimalisasikan untuk Oppo Find X. Dengan spesifikasi sepeti ini, saya tidak menemui adanya lag dalam hal multitasiking. Untuk performa ponsel ini sendiri, saya belum bisa tes secara keseluruhan dikarenakan keterbatasan waktu. Baterai yang dimiliki ponsel ini sebesar 3730 mAh dan sudah dilengkapi fitur Fast Charginig milik Oppo yaitu VOOC.

BACA JUGA :  Dua Smartphone Perdana Buatan Rwanda Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya!

Oppo Find X dilengkapi dengan facial unlock yang mirip dengan iPhone X yang menggunakan sensor inframerah. Pada saat saya tes, kecepatan membaca wajah saya hanya sekilas! Bahkan tidak bisa dikelabui ketika muka berpaling maupun menggunakan foto.

Kesimpulan

Ponsel ini memang sudah sesuai dengan tagline yang Oppo sematkan pada ponsel ini, ponsel ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki budget lebih yang mencari smartphone yang lancar sekali untuk multitasking dan sedikit permainan mobile seperti PUBG Mobile dan Fortnite. Ponsel ini sudah melebihi cukup untuk penggunaan 2-3 tahun, dengan desainnya yang unik dan performa flagship jaman now! Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di GSMArena.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×