Menu Tutup

Tepat di Hari Pertelevisian Nasional Situs SCTV Diretas, Benarkah?

Hai, MedForians!

Pada hari Jumat (24/8), tepat di Hari Pertelevisian Nasional, Situs SCTV dicoba diretas oleh hacker dengan inisial serizawa dan kyukazami404 dan secara terang-terangan menampilkan e-mail mereka.

Tampilan situs “baru” seakan-akan situs SCTV diretas

Situs yang “diretas” oleh hacker tersebut adalah subdomain baru yang nampaknya dibuat oleh hacker tersebut dibawah domain sctv.co.id dengan alamat news.sctv.co.id, karena subdomain ini baru ditemui pada tahun 2018 berdasarkan archive.org. Sedangkan situs resmi SCTV News adalah sctv.co.id/news

Alasan dari peretasan tersebut adalah SCTV selalu menayangkan sinetron yang tidak bermutu dan berkualitas untuk permirsanya.

Selain kedua orang diatas peretasan ini juga dibantu beberapa hacker lain, Sampai saat ini tampilan situs “baru” belum berubah seperti sedia kala.

2017 lalu juga ada kasus serupa yaitu sctv.oneindonesia.com. Adanya pengatasnamaan subdomain belum tentu milik perusahaan tersebut. “Santapan” hacker lainnya adalah “lahan kosong” lain seperti news.antv.co.id, news.rcti.co.id dll. Berbeda dengan kasus Telkomsel beberapa waktu lalu yang murni deface, ketika kita mencarinya di Google, nama webnya masih tertulis “Telkomsel:Beranda” yang artinya Google masih menyimpan cache dari web tersebut.

Laman Web Archive yang tidak menampilkan aktifitas situs ini sebelum 2018

Namun jika kita mencari news.sctv.co.id di Google, tidak ada judul dari cache tersimpan yang membuktikan keaslian website SCTV. Terlebih lagi, mereka mencantumkan e-mail mereka dan akun Facebook mereka. Dan di akun mereka terang-terangan menjelaskan apa saja yang dilakukan selama ini, jelas ini bertentangan dengan ideologi seorang “peretas” sesungguhnya yang tidak terlihat siapapun. Penelusuran terakhir, yang ini mengejutkan. Internet wayback machine web.archive.org merekam jejak semua aktivitas web di seluruh dunia, dan malah tidak ada aktivitas lain di situs news.sctv.co.id ini, yang ada hanyalah 2018.

Sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pihak Emtek ataupun SCTV mengenai hal ini.

Terima kasih kepada Ifad atas penambahan informasinya

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×