Menu Tutup

Earthquake Early Warning: Bagaimana Teknologi Mencegah Jatuhnya Korban Jiwa Saat Gempa

Hai, MedForians!

Jepang adalah salah satu negara yang sering terjadi gempa dengan intensitas yang cukup besar. Namun, bagaimana mereka dapat mengurangi korban jiwa dengan bantuan teknologi?

Earthquake Early Warning atau dalam bahasa Jepangnya Kinkyuu Jishin Sokuhou (kanji: 緊急地震速報) adalah sistem peringatan dini yang canggih. EEW dapat mendeteksi adanya guncangan 10 menit sebelum gempa terjadi, berikut dengan skalanya. Peringatan dari EEW ini dapat diterima melalui jaringan televisi, hingga aplikasi ponsel pintar.

Bagaimana sistemnya? Detektor dipasang di daerah yang sering terjadi guncangan. Kemudian detektor terhubung dengan penerima sinyal dan diteruskan secara broadcast melalui jaringan. Selanjutnya stasiun televisi menerima pemberitahuan dan langsung disiarkan. Siaran yang sedang ditayangkan diinterupsi dan beralih ke studio pusat di Tokyo untuk memberikan laporan mengenai aktivitas guncangan.

Berikut adalah contoh penerapannya pada saluran televisi NHK.

緊急地震速報です。強い揺れに警戒してください。(Kinkyuu jishin sokuhoudesu. Tsuyoi yure ni keikai shite kudasai.)

Terjemahan: Ini adalah peringatan dini gempa. Harap waspada dengan guncangan yang kuat.

Guncangan juga dapat disaksikan dari kamera yang terpasang di berbagai penjuru, baik dari pusat kota hingga ke pesisir laut untuk mendeteksi adanya aktivitas gelombang yang masif. Pada saat laporan disiarkan, pemirsa di wilayah terdampak disarankan untuk segera berlindung atau mengungsi. Selain secara langsung disiarkan, EEW juga dapat disimulasikan untuk latihan tanggap bencana. Misalkan EEW akan mensimulasikan peringatan intensitas gempa yang cukup tinggi, seperti pada saat gempa besar Kanto pada 2011 silam. Sistem serupa juga dibuat untuk bencana lainnya, seperti badai topan hingga tes rudal nuklir.

Simak bagaimana penjelasan lebih lanjut mengenai EEW melalui video YouTube berikut.

Bagaimana? Apakah sistem yang sama juga dapat dipasang di Indonesia mengingat makin seringnya intensitas gempa bumi yang terjadi?

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×