HUT Kompas TV ke-7: Mulai dari TV Hiburan, Merambah ke TV Berita

Media 10 Sep 2018

Hai, MedForians!

Tepat hari ini, 7 tahun yang lalu, Kompas TV secara resmi mengudara di Nusantara, setelah melakukan ujicoba siaran beberapa minggu lamanya.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2011 Kompas TV sudah melakukan ujicoba siaran di beberapa wilayah di Indonesia, beberapa diantaranya adalah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Dan Kompas TV melakukan grand launching tepat pada 9 September 2011 dengan tema Simfoni Semesta Raya.

Sebelum acara grand launching, Kompas TV melakukan siaran percobaan di 9 kota di Indonesia dengan menggandeng televisi lokal. Serangkaian program-program hiburan pun diperkenalkan Kompas TV saat siaran ujicoba. Beberapa diantaranya adalah Explore Indonesia, Teroka, Hidden Paradise, Ekspedisi Cincin Api, dan lain sebagainya.

Alasan utama hal ini dinanti-nanti adalah dari preview acara di siaran ujicoba saat itu, Kompas TV menyakinkan bahwa salurannya akan menjadi saluran alternatif bagi pemirsanya. Terlihat dari preview-nya yang begitu keren.

Beberapa Bulan Kemudian, Kata “TV” Menghilang, Mengapa?

Beberapa bulan setelah grand launching, Kompas TV sempat didera ‘masalah’ karena belum memiliki izin prinsip penyiaran (IPP), karena saat itu Kompas TV memegang kendali sebagai ‘Content Provider/Pemberi Konten’, maka Kompas TV saat itu diminta menghapus kata ‘TV’ dari layar kacanya. Dan pada saat itu pula Kompas TV mengudara sebagai ‘Kompas’ beberapa bulan lamanya. Namun itu tak mengurangi kualitas siaran dari Kompas TV itu sendiri.

2014, Kata “TV” Kembali

Setelah beberapa lama mengudara dengan nama ‘Kompas’, pada tahun 2014, Kompas TV kembali menampilkan kata ‘TV’-nya. Beberapa alasan yang membuat itu semua terjadi adalah IPP yang sudah terbit bagi Kompas TV, disusul juga dengan rebranding stasiun-stasiun TV lokal dibawah naungan Kompas TV menjadi Kompas TV [nama daerah].

2015, Pindah Frekuensi dan Studio Berita Baru

 

Di tahun 2015, sebagai komitmen Kompas TV sebagai saluran televisi yang menghadirkan kualitas tayangan terbaik bagi pemirsa-nya, Kompas TV memindahkan frekuensi siaran untuk wilayah Jabodetabek.

Sebelumnya untuk wilayah Jabodetabek, Kompas TV berada di kanal 28 UHF (KTV). Per 28 Juni 2015, Kompas TV resmi memindahkan frekuensi siarannya ke 25 UHF (eks. tv-Plus!).

Lalu bagaimana dengan KTV? KTV akan menjadi bagian dari Kompas Gramedia Group, dan menjadi televisi lokal yang berfokus di wilayah Jabodetabek.

Dan tepat dibulan Juni juga, Kompas TV resmi melaunching studio baru untuk pemberitaan-nya. Hal ini memperkuat tekad Kompas TV untuk menjadi media informasi yang tegas, terarah, dan menumbuhkan harapan, sesuai dengan slogan Berita Kompas.

2016, Saatnya Perteguh Diri menjadi Televisi Berita dan Inspirasi Indonesia!

Diawal tahun 2016, porsi tayangan hiburan Kompas TV semakin sedikit, entah karena apa. Ternyata itu dikarenakan Kompas TV akan segera memperteguhkan dirinya sebagai televisi berita dan inspirasi!

Pada acara Suara Indonesia 28 Januari 2016 lalu, Kompas TV secara tegas akan bertransformasi menjadi saluran berita. Namun tidak juga melepas jatidiri Kompas TV sebagai saluran inspirasi Indonesia.

2017, Resmi jadi Televisi Berita Seutuhnya

Selama dua tahun terakhir ini, Kompas TV kini memperbanyak konten berita. Dan pada 19 Oktober 2017 kemarin, secara resmi Kompas TV mempertegaskan dirinya sebagai stasiun televisi yang berfokus di bidang pemberitaan. Selain itu juga, Kompas TV resmi melaunching logo baru-nya dan slogan baru-nya: Independen |Terpercaya.

Upaya ini mencerminkan bahwa konten-konten Kompas TV kedepan akan berfokus ke pemberitaan. Tapi tidak juga menghilangkan program entertainment yang ada, bahkan Stand Up Comedy Indonesia masih tetap dilanjutkan, dan kini memasuki musim ke-8.

Mewakili jajaran redaksi dan anggota redaksi Media Formasi, mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-7 untuk Kompas TV. Semoga tetap menjadi saluran yang menghadirkan berita dan informasi yang Independen | Terpercaya.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek