Menu Tutup

Opini: Dampak Pemadaman Listrik Dadakan Bagi Pengguna PC Aktif Seperti Saya

Hai, MedForians!

Oke, mungkin bagi sebagian besar orang pemadaman listrik hanya sekedar masalah kecil dengan pemikiran sederhana, “ah paling juga nyala lagi”. Ditambah lagi jika pemadaman itu sudah diberitahu sebelumnya. Namun bagi saya, ini adalah hal yang sangat merugikan. Mengapa?

Minggu ini, sudah dua kali pemadaman acak terjadi di lingkungan rumah saya dan anehnya, pemadaman hanya terjadi sekitar beberapa detik. Saya tidak tahu apa yang tengah dilakukan PLN dengan memadamkan listrik seperti itu, atau mungkin ini dampak dari masalah gardu yang pernah diberitakan itu?

Sebagai orang yang selalu menggunakan komputer desktop secara kontinyu, tentunya aliran listrik akan menjadi sangat berharga. Namun jika pemadaman acak selalu terjadi, apakah ini dapat ditolerir?

Inilah yang membuat saya merasa cukup kesal, dimana pemadaman acak tanpa adanya pengumuman apapun menimbulkan kerugian.

Pada pemadaman pertama, sekitar hari Kamis (20/9) lalu, saya sedang mendesain untuk klien, dan mendadak listrik padam selama kurang lebih 30 detik. Setelah pemadaman usai, saya kembali menyalakan komputer saya untuk melanjutkan desain saya yang belum disimpan itu, dan setelah dicoba komputer saya mengalami kerusakan file sistem pada Windows karena komputer yang mati mendadak, sehingga ini menyebabkan komputer saya menjadi bootloop. Perbaikannya memang sederhana, hanya dengan sekedar menggunakan Startup Repair menggunakan CD Instalasi Windows. Kerugiannya adalah file desain yang sedang saya gunakan hilang karena belum disimpan dan juga resiko kerusakan HDD saya yang bertambah karena memang sudah cukup berumur.

Saya dapat bersyukur karena Komputer saya dapat kembali beroperasi.

Pada pemadaman kedua yang terjadi beberapa menit sebelum saya menulis artikel opini ini, saya dlsedang mengupdate Windows, memang masih dalam tahap mengunduh, namun listrik kembali padam. Saya kembali menyalakan komputer saya, berharap tidak terjadi kerusakan yang sama layaknya kejadian sebelumnya. Dan untungnya hal yang saya khawatirkan tidak kembali terjadi. Namun, kuota yang saya gunakan terbuang sia-sia karena proses update harus diulang dari awal.

Kerugian-kerugian yang saya dapatkan seharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi PLN untuk membenahi kualitas layanannya, jika memang ada rencana untuk melakukan perawatan berkala, setidaknya beritahu para pelanggan. Atau jika memang pemadaman ini terjadi secara tidak terduga, seharusnya ada jaminan dari PLN untuk “menghibur” pelanggan yang merasa dirugikan atas pemadaman dadakan ini. Karena bagi pengguna komputer aktif seperti saya, ini sangatlah mengganggu dan cukup merugikan.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Opini ini adalah pendapat pribadi dari Muhammad Ferdiansyah dan tidak mewakili pendapat Media Formasi secara keseluruhan.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×