Menu Tutup

Crunchyroll dan Funimation akan ‘Bercerai’ November Ini

Hai, MedForians!

Crunchyroll dan FUNimation Entertainment mengumumkan pada hari Kamis bahwa kemitraan mereka untuk berbagi konten akan berakhir pada Jumat, 9 November.

Akan Digantikan oleh HIDIVE di VRV

Layanan bundel saluran streaming VRV (yang dimiliki oleh perusahaan induk Crunchyroll, Ellation) juga mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memasukkan layanan streaming FunimationNow sebagai bagian dari Langganan Premium VRV-nya, atau sebagai langganan saluran individual, per 9 November. Sebaliknya, bundel tersebut akan digantikan dengan layanan dari HIDIVEstreaming.

Apa Dampaknya?

Menurut memo untuk stafnya dari presiden dan CEO Funimation Gen Fukunaga, pelanggan FunimationNow akan mendapatkan akses ke versi subtitle dari “beberapa ratus” judul pada 9 November, tetapi akan kehilangan “beberapa” judul yang dimiliki. Crunchyroll juga mencatat bahwa sejumlah judul akan hilang dari kedua layanan tersebut, dan mereka nantinya akan memperbarui judul mana saja yang akan terkena dampaknya.

Crunchyroll mengklarifikasi bahwa siaran dan serial yang saat ini tayang dan ditayangkan selama kemitraan berlangsung (termasuk Attack on Titan dan My Hero Academia) akan tetap tersedia di Crunchyroll, dan semua rilisan video rumah yang telah direncanakan akan tetap dikirimkan sesuai jadwal. Fukunaga juga mengatakan bahwa semua lisensi yang dilisensikan selama kemitraan masih akan dibagi antara kedua perusahaan.

BACA JUGA :  Musim Kedua Anime Bokuben Umumkan Tanggal Tayang

Apa Alasan Crunchyroll dan Funimation “Bercerai”?

Pihak layanan streaming milik Ellation itu menjelaskan bahwa kemitraan ini berakhir karena “Funimation telah memutuskan untuk berpisah”. Fukunaga menjelaskan bahwa keputusan Funimation untuk mengakhiri kemitraan ini adalah karena akuisisi oleh Sony Pictures Television Networks tahun lalu. Yakni ketika Sony berinvestasi di Funimation untuk menjadikannya sebagai “rumah anime global”. Fukunaga mengatakan bahwa kemitraan “berakhir secara damai bulan ini”. Funimation juga menerangkan mengenai layanannya pasca pisah dari Crunchyroll.

Crunchyroll dan Funimation pertama kali mengumumkan kemitraan mereka pada bulan September 2016. Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, banyak versi terjemahan bahasa Inggris dari anime yang dipindahkan dari layanan streaming Funimation ke Crunchyroll, meninggalkan Funimation dengan versi yang di-dubbing dengan bahasa Inggris. Crunchyroll menayangkan simulcast dengan teks terjemahan, dan Funimation dengan dubbing.

BACA JUGA :  Para Musisi Ini Akan Meramaikan Kamen Rider Zero-One

Crunchyroll juga baru-baru ini mengalami perubahan kepemilikan; AT&T pada Agustus mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi semua perusahaan induk Ellation, Otter Media, perusahaan patungan yang sebelumnya dimiliki bersama dengan The Chernin Group.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Sumber: Comicbook, Anime News Network

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×