Google Buka Layanan Person Finder Pasca Tsunami Palu

Teknologi 3 Okt 2018

Hai, MedForians!

Sebelum memulai artikel ini, kami segenap tim dari Media Formasi mengucapkan turut berbelasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala pada 28 September yang lalu.

Pasca kejadian gempa bumi dan tsunami yang melanda kota Palu dan Donggala pada 28 September kemarin, yang juga menyebabkan beberapa kerusakan bangunan tak hanya di kedua kota tersebut saja, namun juga beberapa kota lainnya yang membuat banyak korban yang berjatuhan.

Tak hanya itu, saluran komunikasi juga terganggu akibat gempa tersebut sehingga keluarga, rekan, atau sahabat yang berada di luar Kota Palu dan Donggala tidak dapat menghubungi dan mengetahui kondisi mereka disana.

Oleh karena itu, pemerintah dan beberapa organisasi lainnya bekerjasama dengan Google untuk menyediakan data penduduk yang terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Perusahaan asal Mountain View, Amerika Serikat tersebut merilis layanan Google Person Finder beberapa hari setelah kejadian tragis tersebut terjadi.

Tampilan Google Person Finder

Apa fungsi dan fiturnya?

Sesuai dengan namanya, Google Person Finder dapat membantu Kamu yang ingin mengetahui apakah sanak saudara atau rekan Kamu selamat dalam kejadian tersebut.

Cukup dengan mengetikkan nama, Kamu mungkin akan menemukan orang yang hendak dicari. Namun yang perlu diingat, data dalam Person Finder mungkin saja belum lengkap seiring bertambahnya data korban dari organisasi pemerintah (seperti tim SAR) atau organisasi lainnya.

Selain itu, jika Kamu memiliki informasi mengenai seseorang dalam bencana tersebut, Person Finder juga menyediakan opsi untuk menambahkan informasi. Namun sebaiknya gunakan fitur ini dengan bijak dan sebaik mungkin untuk membantu orang lain. Karena Google sendiri menyatakan tidak memverifikasi ulang data yang disediakan dalam layanan ini.

Bagaimana cara mengaksesnya?

Layanan ini dapat diakses melalui tautan berikut ini, namun beberapa pengguna Chrome di PC mungkin juga akan menemukan tombol “Bantuan” pada laman muka bawaan mereka.

Opsi ini muncul pada laman mulai Chrome di desktop.

Tak hanya itu, Google Person Finder juga menyediakan layanan serupa untuk kejadian Badai di Jepang yang beru-baru ini terjadi.

Akhir kata, Kami segenap keluarga besar Media Formasi mengucapkan bela sungkawa atas kejadian ini, dan semoga masyarakat disana dapat diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi ujian-Nya.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.