Menu Tutup

Insurgence: Chains of Renegade | Sebuah Kombinasi yang Indah!

Hai MedForians!

Apakah kalian salah satu penyuka permaian bergenre Turn-Based RPG? Ayo mainkan permainan satu ini, Insurgence: Chains of Renegade!

Permainan yang biasa disingkat sebagai Insurgence ini merupakan Action Turn-Based RPG yang bercerita tentang Rissa dan temannya Diana, yang berusaha mengungkap apa alasan dibalik perang saudara yang membuat Aereon terpecah. Akan tetapi, petualangan itu tak mudah. Rissa dan Diana mau tak mau harus berhadapan dengan berbagai monster dalam perjalanannya.

Permainan ini dibuat oleh developer indie asal Bali bernama Platonic Game Studio bersama dengan Something 2 sebagai publisher. Sebuah kehormatan bagi kami, tim Media Formasi dan Lingkarya Formasi untuk mencicipi sensasi bertualang di dalam dunia Insurgence: Chains of Renegade sebelum resmi dirilis.

Kesan Pertama

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada awal kita membuka permainan ini, kita disambut dengan musik latar yang indah dengan vibe ala medieval ages. Pada permainan ini tersedia 4 mode atau tingkatan berbeda, setiap modenya memiliki stats dan tingkat kesulitan monster yang berbeda.

Untuk grafiknya sendiri sama seperti permainan berpetualang 2D pada umumnya, namun tetapi yang membuatnya berbeda dengan yang lain adalah musik latarnya. Soundtrack yang dihadirkan pada permainan ini seakan membawa pemain kepada dunia ini!

Menurut keterangan dari Muhammad Riza selaku CEO Platonic Game Studio ini, pengembangan soundtrack dalam permainan ini sangat diutamakan demi ‘menghidupkan’ permaian RPG tersebut, bahkan, dirinya sangat menekankan kualitas dari soundtrack tersebut selama pengembangan permainan ini.

Meski permainan ini tergolong Turn-based RPG, akan tetapi permaian ini bisa juga dikategorikan sebagai Novel Visual. Gaya visualisasi karakter pada permainan ini cukup mirip dengan permainan Japan RPG dengan tema kerajaan pada umumnya. Mimik muka ketika berbicara juga berbeda, mengikuti alur cerita dan suasana.

Medieval age vibes pada permainan ini begitu kental karena didukung oleh soundtrack yang indah. Banyak orang yang percaya bahwa soundtrack yang bagus dapat membangun suasana dan skenario pada permainan tersebut.

Namun pada saat ujicoba berlangsung, kami menemukan beberapa bug yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Seperti bug ketika karakter selesai bercakap, pada beberapa waktu terkadang si karakter muncul di tengah layar, walaupun sekejap.

Saat ujicoba berlangsung juga, kami menemukan beberapa buku dan barang yang mereferensikan ‘kearifan lokal Indonesia’. Pereferensian ‘kearifan lokal Indonesia’ memang merupakan unsur kesengajaan dari Plationic Game Studio.

Mekanisme Pertarungan

Tampilan permainan Insurgence: Chains of Renegade pada saat pertempuran berlangsung

Layaknya permainan Turn-Based pada umumnya, kalian dapat menentukan serangan ketika kalian menyerang. Tetapi bagi yang baru ‘berkecimpung’ pada genre ini, ada baiknya kalian waspada dikarenakan tampilan pada permainan ini dirasa sangatlah asing.

Terdapat 3 poin yang harus diperhatikan dalam pertarungan, yaitu HP, TP, dan MP. HP ialah poin yang menunjukkan health/darah karaktermu, jika HP habis maka karakter otomatis mati. TP merupakan poin yang digunakan untuk mengeksekusi Special Skill. Sedangkan MP merupakan poin yang digunakan untuk mengeksekusi Magic Skill.

Alur Cerita

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bagi kalian yang suka dengan hal-hal berbau petualangan, politik, dan misteri, tidak ada salahnya kalian untuk menjajal permainan ini. Dari awal hingga kurang lebih satu setengah jam bermain permainan ini, saya merasa belum mendapat inti dari cerita ini dikarenakan susah sekali untuk ditebak.

Kesimpulan

Bagi kalian yang suka bermain novel visual maupun game yang bergenre Turn-Based RPG, tidak ada salahnya kalian menjajal permainan yang satu ini. Paket kombinasi Soundtrack yang dapat membuat terbawa kedalam dunia ini dengan jalan cerita yang sulit ditebak dan artwork ala novel visual yang unik membuat permainan ini menarik untuk dimainkan, saya jamin kalian tidak akan menyesal telah membeli permaian ini!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Insurgence: Chains of Renegade telah membuka Pre-Order untuk rilis fisik pada 19 Oktober ini dan akan rilis secara digital di Steam pada tanggal 9 November 2018 seharga $5 (atau Rp. 49.900 untuk pasar Indonesia).

Spesifikasi yang dibutuhkan:

Minimal :

Windows 7, Processor AMD Athlon 64 X2 6400+ 3.2 Ghz atau Intel Core 2 Duo E6850 3.0 Ghz , Ram 2 GB, Free HDD Space 1 GB

Kartu Grafis AMD Radeon 5450, Nvidia GT420 atau Intel HD 2500 dengan Support DirectX 9.0 dan OpenGL 4.1

Rekomendasi :

Windows 10, Processor AMD Phenom II X4 955 3.2 Ghz atau Intel Core i5 750 2.80 Ghz, Ram 4 GB, Kartu Grafis

AMD Radeon R5 230, Nvidia GT710 atau Intel HD 4000 dengan Support DirectX 9.0 dan OpenGL 4.1

Bagaimana, apakah MedForians tertarik untuk memainkannyaApabila tertarik, kalian bisa mengakses laman toko permainan Steam ini pada tautan berikut ini dan masukkan kedalam wishlist kalian. Sementara itu, versi DVD dari game tersebut akan dijual secara lokal melalui Tokopedia dengan diskon dan disertai dengan bonus-bonus khusus lainnya.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama dengan Nawala Karsa.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×