Menu Tutup

Makin Mantap! Qualcomm Mengumumkan Snapdragon 675

Hai MedForians!

Siapa yang tidak kenal dengan Qualcomm? Salah satu produsen SoC mobile di ranah ponsel pintar ini baru saja mengumumkan chipset anyarnya Snapdragon 675. Apa saja yang berubah dari sang kakaknya, Snapdragon 670?

Snapdragon 675 ini dibuat berdasar fabrikasi 11nm, berbeda dengan pendahulunya yang mengunakan fabrikasi 10nm.

Snapdragon 675 merupakan prosesor octa-core yang memiliki dua inti untuk performanya, yakni Cortex A76 dengan kecepatan 2.0Ghz dan enam inti efisiensi power Cortex A55 yang memiliki kecepatan 1,78Ghz.

Chipset ini akan memboyong fitur canggih kepada ponsel pintar kelas menengah yang saat ini hanya tersedia di perangkat flagship. Antara lain adalah grafik Adreno 61X, dukungan OpenGL ES 3.2, Open CL 2.0, Vulkan, dan DirectX12.

Karena ditujukan untuk menyokong kemampuna bermain permainan pada perangkat kelas menengah, Qualcomm memboyong software tambahan mirip dengan GPU Turbo yang diusung Huawei. Dengan demikian, ponsel pintar yang ditenagai prosesor ini bisa meningkatkan kekuatan performa.

BACA JUGA :  Sesuai Janji, Redmi 7 Rilis Hari Ini dengan Harga Terjangkau

Pemrosesan Gambar

Sedangkan untuk sektor image processingChipset ini mampu mendukung tiga kamera baik pada bodi depan maupun belakang smartphone. Prosesor ini juga memungkinkan di kamera ada mode portrait dan dukungan 3D face unlock.

Tidak hanya itu, kamera smartphone yang diperkuat Snapdragon 675 juga bisa dipakai untuk merekam video slow-motion berkualitas HD.

Snapdragon 675 juga dilengkapi dengan AI generasi ketiga multi-core yang akan membawa peran penting saat kamera merekam video dan mengambil foto, adaptasi dengan suara pengguna, serta meningkatkan kinerja baterai.

Beberapa kemampuan yang akan dimiliki smartphone saat memakai prosesor ini antara lain dan memutar video 4K, dukungan Display Port melalui USB tipe C.

Konektivitas

Pada sektor konektivitas, Snapdragon 675 hadir dengan modem X12 LTE yang menghadirkan kecepatan unduh 600mbps, 3x carrier acceleration, Wi-Fi 802.11ac 2×2 dengan MU-MIMIO, tri-band, serta Bluetooth versi 5.0.

Dibandingkan dengan Snapdragon 670, Snapdragon 675 juga diklaim menawarkan 30 persen performa lebih cepat saat dipakai untuk ngegim.

BACA JUGA :  AI Buatan Nvidia Ubah Sketsa Menjadi Foto "Asli"

Qualcomm menyebut, smartphone 675 akan mulai digunakan di smartphone pada kuartal pertama 2019.

Sumber : XDA

Baca Juga Artikel Ini!