Menu Tutup

Siap-siap, Winamp akan Rilis Kembali Tahun Depan!

Hai Medforians!

Sepertinya Winamp akan mendapat kesempatannya untuk berjaya lagi di masa kini. Aplikasi legendaris ini dikabarkan akan rilis kembali sebagai aplikasi “All-in-One” pada tahun 2019 mendatang!

Perkembangan Terbaru

Dikutip dari laman TechCrunch dan The Verge, Radionomy, perusahaan yang membeli Winamp, akan melakukan pengembangan dan perubahan besar terhadap program pemutar musik tersebut.

“Akan ada versi yang benar-benar baru pada tahun depan, dengan warisan dari Winamp namun dengan pengalaman mendengarkan musik yang lebih sempurna.”, ujar Alexandre Saboundjian, CEO Radionomy saat melakukan sesi wawancara terhadap TechCrunch.

Dikatakan bahwa aplikasi ini akan dikembangkan menjadi aplikasi mobile dan desktop. Bentuk aplikasi ini juga akan berbeda, dengan mengadopsi konsep “All-in-One”.

Maksud dari konsep “All-in-One” tersebut adalah aplikasi ini akan mampu untuk melakukan berbagai fungsi, mulai dari memutarkan musik, video, streaming, hingga podcast.

“Konsumen ingin satu pengalaman terpusat”, simpulnya. “Saya pikir Winamp adalah pemutar musik terbaik yang dapat menyediakan pengalaman tersebut ke semua orang. Dan juga, kami ingin setiap orang untuk memilkinya [Winamp] di perangkat mereka.” ujarnya kembali.

Sehingga, aplikasi ini akan berkemampuan multi-fungsi dan juga cross-platform. Kemungkinan tujuannya adalah untuk memperkenalkan kembali aplikasi yang dikenal pada “zaman old” ini.

Walaupun sudah dipastikan akan terjadi re-release pada tahun 2019, Alexandre Saboundjian tidak merincikan tanggal atau bulan pasti peluncuran aplikasi ini. Beliau juga tidak merinci bagaimana aplikasi ini akan mengintegrasikan layanan pemutar dan jasa musik sekarang, seperti Spotify ataupun platform lainnya.

Apa itu Winamp?

Bagi kalian yang mungkin kurang tahu mengenai aplikasi ini, Winamp adalah aplikasi pemutar musik yang pertama kali rilis pada tahun 1997. Hal ini menandakan bahwa aplikasi ini sudah cukup lama, yaitu sekitar 11 tahun.

Aplikasi ini populer karena memungkinkan pengguna untuk memainkan musik secara mudah, serta melakukan modifikasi pada pengaturannya. Modifikasi tersebut bisa hanya sekedar pengaturan equalizer, playlist, hingga skin yang banyak sekali beredar di internet.

Winamp pertama kali dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev dengan membawa nama perusahaan mereka, Nullsoft. Kemudian aplikasi ini dijual ke perusahaan AOL pada tahun 2002, dan dijual kembali ke Radionomy pada tahun 2014.

Pada sekitar tahun 2013, AOL sempat menyatakan keinginannya untuk menghentikan pengembangan Winamp. Namun, pada tahun 2014 awal, Radionomy dikabarkan mengakuisisi Nullsoft, perusahaan yang memiliki Winamp, dari AOL. Semenjak kejadian pindah tangan ini, aplikasi legendaris ini sempat dikabarkan akan melakukan perubahan besar. Namun, setelah hampir 5 tahun, belum ada perkembangan yang signifikan.

Namun akhirnya, aplikasi pemutar musik ini akan dikembangkan lagi secara resmi oleh Radionomy setelah bertahun-tahun tanpa kabar.

Aplikasi Winamp terbaru, yaitu versi 5.8, akan rilis pada waktu yang jauh lebih dekat, yaitu pada tanggal 18 Oktober 2018. Aplikasi ini adalah pembaharuan terbaru dari versi sebelumnya, yaitu 5.8 Beta.

Untuk versi tahun 2019, dikabarkan bahwa aplikasi ini akan menggunakan nama Winamp 6 sebagai versi terbaru mereka.

Bagaimana tanggapan kalian, Medforians? Apakah kalian semangat setelah melihat berita baik ini, atau hanya biasa-biasa saja? Mari berkomentar!

 

 

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×