2020, Intel Luncurkan Chip Modem 5G Pertama

Teknologi 15 Nov 2018

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari dunia teknologi seluler. Salah satu perusahaan chipset dan mikroprosesor terbesar di dunia, Intel memperkenalkan chip modem 5G terbarunya, yakni XMM 8160, Selasa, (13/11/2018) silam.

Menariknya, chip ini merupakan jenis multi-mode modem, di mana dengan keunggulannya, chip bisa menghubungkan ke jaringan lawas 2G hingga 5G, tanpa tambahan chip modem lain.

Sementara itu, modem bikinan Intel ini diketahui menggunakan gelombang radio baru (NR) yang mendukung spektrum frekuensi gelombang terendah, 600 MHz, hingga tertinggi, yaitu gelombang milimeter (mmWave) dengan frekuensi 6 GHz. Adanya gelombang radio baru ini bisa menghasilkan kecepatan unduh hingga 6 Gbps.

Teknologi multi-modem ini sejatinya memungkinkan sang device yang disokong modem terhubung melalui jaringan tersebut dengan dukungan EN-DC, yaitu sebuah cara untuk menghubungkan jaringan 4G dan 5G secara bersamaan. Adanya fitur ini bisa dibilang sebagai keuntungan, dimana perangkat akan menghubungkan ke jaringan lain jika ternyata gelombang 5G tidak tersedia di daerah yang sedang dikunjungi pengguna.

Selain itu, modem juga mendukung konektivitas 5G ‘Stand Alone’ yang berarti secara terpisah, stagnan di jaringan 5G tanpa dukungan transisi dari jaringan 4G.

Intel juga mengklaim chip modem 5G-nya ini bakal dapat membuat ukuran perangkat yang lebih kecil, dan hemat daya. Belum diketahui tanggal pasti pendistribusian chip modem ini.

Namun, modem Intel XMM 8160 5G yang disebut super cepat itu diprediksikan akan memasuki tahap pengapalan pada kuartal II-2019. Perangkat komersil yang menggunakan modem ini, seperti ponsel dan PC, diharapkan akan tersedia di semester I-2020.

Sumber : Kompas Tekno

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.