Menu Tutup

Apa yang bisa anda lakukan di Ubuntu GNOME 16.04

Hai MedForians!

Mungkin anda tidak asing dengan Ubuntu. Sistem Operasi berbasis Linux ini memang bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang cukup umum bagi orang yang ingin mengenal linux. Dan sepekan kebelakang, kami mencoba melaukan berbagai aktivitas menggunakan Ubuntu GNOME (Ubuntu dibawah 18.04 yang telah diberi antamuka GNOME) versi 16.04. Apa saja yang kami lakukan di Ubuntu GNOME 16.04 ini?

Pertama: Memasang alat kostumisasi beserta ekstensi dan tema

Bagi beberapa orang, menggunakan linux untuk pertama kali mungkin perlu beradaptasi karena tampilannya yang berbeda dengan windows. Tetapi untungnya, Ubuntu GNOME memiliki antarmuka yang bisa dikostumisasi sehingga memiliki tampilan yang serupa dengan Windows. Bagaimana caranya? hal yang pertama harus diinstal ialah Ekstensi Integrasi Shell GNOME untuk Firefox atau Chrome yang berguna untuk mengaktifkan ekstensi untuk GNOME Shell, kemudian hal yang selanjutnya wajib diinstal di GNOME ialah GNOME Tweaks untuk melakukan beberapa kostumisasi pada tampilan GNOME, kemudian ada beberapa ekstensi yang wajib dipasang di GNOME, antara lain User Themes (untuk memuat tema dari direktori user), Dash to Panel (Untuk mengubah tampilan GNOME menjadi Windows-friendly), Removable drive menu (untuk mempermudah meng-eject flashdisk), dan lain lain.

Bagaimana soal tema? untuk masalah tema sih selera orang pasti akan berbeda, ada yang suka tema bawaan GNOME, ada juga yang suka dengan Tema pihak ketiga. Disini kami menggunakan Tema Arc-solid baik di tema GTK dan tema GNOME shell yang dipadukan dengan ikon Ozon teal. Tema yang kami sebutkan itu dapat anda cari di Internet.

BACA JUGA :  Samsung Umumkan Tanggal Rilis Galaxy M30

Sehingga anda mendapatkan tampilan seperti ini

Kedua: Memanfaatkan aplikasi LibreOffice untuk mengerjakan tugas

Belakangan ini, kami disibukkan dengan berbagai tugas sekolah yang mewajibkan siswanya mengetik tugasnya menggunakan komputer. Sehingga kami menggunakan Ubuntu GNOME untuk mengedit tugas yang sedang dikerjakan. Ada beberapa hal menarik di LibreOffice ini, pertama bisa membuka file yang telah dibuat sebelumnya di Windows menggunakan Microsoft Office, kedua saat membuat caption gambar di LibreOffice ada sedikit kemudahan dibandingkan menggunakan Microsoft Office, dan ada berbagai banyak hal menarik di LibreOffice ini

Ketiga: Memasang WINE dan memainkan beberapa gim

Pada dasarnya, Linux tidak dirancang untuk memainkan gim Windows. Selain itu, beberapa gim yang tengah digandrungi kawula muda seperti Fornite atau PUBG belum mendukung untuk Linux. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada sebuah perangkat lunak bebas yang dinamakan WINE yang memungkinkan pengguna Linux untuk menjalankan file exe di Linux.

Kami berhasil memasang WINE di Ubuntu GNOME yang sedang kami gunakan saat ini dan mencoba memainkan game GTA San Andreas. Dibandingkan saat memainkan GTA di Windows yang dimana gim tersebut sangat sekali tidak lancar dimainkan, GTA di Linux (menggunakan WINE) terlihat lebih playable untuk laptop dengan Intel Pentium 2.2 GHz dengan Intel GMA 4500M. Dengan catatan di gim tersebut masih  terdapat beberapa bug visual yang membuatnya tidak enak dipandang dan beberapa masalah lain.

BACA JUGA :  Resmi Dirilis, Ini Harga Xiaomi Mi 9!

Lain cerita jika memainkan Touhou 9, gim tersebut berjalan dengan sangat lancar di Ubuntu GNOME.

Kesimpulan

Ubuntu GNOME bisa dijadikan alternatif Sistem Operasi selain Windows. Selain dari tampilannya yang menarik, performa yang lebih optimal dibanding Windows menjadikan alasan bagi kami untuk merekomendasikan Ubuntu GNOME, tapi dengan catatan hanya untuk pekerjaan ringan dan beberapa gim ringan.

Demikian Ulasan kami mengenai Ubuntu GNOME 16.04, jika ada kritik atau sarah silahkan bagikan melalui kolom komentar dibawah.

Baca Juga