Menu Tutup

Apa Saja yang Baru dari Apple Keynote Oktober Ini?

Lokasi Apple Keynote

Hai MedForians!

Pada hari Selasa kemarin (30/10, malam waktu Indonesia), Apple mengadakan acara besarnya yang kedua pada tahun ini di gedung The Brooklyn Academy Music yang berlokasi di kota Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Menyusul Google dan Microsoft yang juga mengadakan acara sejenis di bulan ini.

Pada acara Apple Keynote kali ini, Apple merilis sejumlah perangkat baru. Kalian tentu penasaran kan? Tanpa perlu berbasa-basi, berikut apa yang diluncurkan Apple kemarin!

Macbook Air

Akhirnya setelah sekian lama, generasi terbaru Macbook Air kembali diluncurkan. Kali ini, Macbook hadir dengan layar 13.3 inci retina display dengan resolusi 2560×1600 piksel yang dapat menampilkan 48% lebih warna daripada sebelumnya. Laptop ini dibekali keyboard butterfly generasi ketiga yang dipadukan dengan force touch trackpad. Adapun tombol force touch terletak di bagian atas kanan laptop.

Untuk berat sendiri hanya berkisar 1.24 kg, ketebalannya pun hanya 15.6 mm. Uniknya, laptop ini terbuat dari 100% aluminium daur ulang & tersedia dalam warna perak, emas, & abu-abu.

Bicara soal spesifikasi, laptop ini dibekali prosesor Intel Core i5 generasi ke-8. Apple juga menambahkan cip keamanan T2 untuk Touch ID & Siri, juga cip ini berfungsi sebagai pengontrol SSD yang memiliki kemampuan enkripsi data on-the-fly secara otomatis. Apple mengklaim Macbook Air kali ini sebagai laptop dengan proses booting paling aman dari semua laptop yang ada.

Untuk konektivitas, laptop ini dibekali WiFi ac, Bluetooth 4.2, serta 2 port Thunderbolt 3 USB-C & 1 headphone jack. Laptop ini pun hadir dengan trackpad yang 20% lebih besar, kamera berdefinisi tinggi Facetime, 3 mikrofon untuk pengenalan suara yang lebih baik, juga speaker stereo yang lebih keras dengan bas yang lebih.

BACA JUGA :  Scrittor, Aplikasi Catatan Dengan Tampilan Ciamik! #REPLIKA

Adapun untuk Macbook Air 2018 tersedia dalam konfigurasi memori (RAM) 8/16 GB dengan kecepatan 2133 MHz, juga penyimpanan SSD dengan ukuran 128 GB/256 GB/512 GB/1.5 TB & mulai dijual dengan harga sekitar Rp. 18,22 juta. Praktis, hal tersebut menjadikannya laptop Apple termurah dengan tampilan retina.

iPad Pro

Apple turut membawa iPad Pro versi 2018 dengan 2 varian layar: 11 inci & 12.9 inci, juga dengan ketebalan yang sama-sama 5.9 mm. iPad Pro terbaru ini hadir dengan bahan aluminium serta desain membulat & tanpa tombol home yang digantikan dengan FaceID tanpa “poni”.

Untuk spesifikasi, tablet ini dibekali chipset A12X Bionic 8-inti yang mendukung Neural Engine (kecerdasan buatan) dan diklaim lebih cepat 35%.

Soal konektivitas, iPad Pro 2018 ini dibekali LTE Cat16 (unduh hingga 1 Gbps), WiFi dual-band ac, Bluetooth versi 5, serta ditunjang dengan kamera belakang 12 MP f/1.8 PDAF yang mampu merekam video hingga 2160p & bisa mencapai 120 fps di resolusi 1080p. Sedangkan untuk kamera depannya “cukup” dengan resolusi 7 megapiksel.

Tablet ini menggunakan port USB-C yang bisa menggunakan pengisi daya dari perangkat lain serta menghubungkannya dengan lebih mudah. Kalian juga bisa menjadikan tablet ini sebagai powerbank berkat fitur reverse charging yang dimilikinya. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecas Apple Pencil yang kini dapat ditempel layaknya Microsoft Surface dengan bantuan 102 magnet didalamnya. Selain itu, smart folio keyboard pun kini semakin lincah dalam mengubah iPad menjadi layaknya sebuah PC

BACA JUGA :  Ini Daftar Smartphone dengan Radiasi Tertinggi dan Terendah!

Untuk variannya tersedia dalam warna perak & abu-abu, juga memori internal berkapasitas 64 GB/256 GB/512 GB/1 TB dengan RAM masing-masing 4 & 6 GB. Uniknya, iPad Pro ini dapat menjalankan versi penuh dari Adobe Photoshop CC walau menggunakan iOS.

Mac Mini

Mac mini yang ditunggu-tunggu pun tiba. Kecil-kecil cabe rawit, Mac ini membawa spek dewa di dalamnya dengan prosesor 6-core dan quad-core generasi kedelapan terbaru dari Intel. Tak lupa memori DDR4 2666MHz yang lebih cepat, penyimpanan flash dengan SSD 2TB, empat port Thunderbolt 3 (USB-C), HDMI 2.0, dan Ethernet 10Gb yang tersedia.

Apple bahkan menyebut Mac mini ini adalah Mac mini yang paling kuat dan serbaguna. Dengan OS bawaan MacOS Mojave terbaru, Mac yang membawa Intel UHD Graphics 630 ini bahkan juga digadang-gadang 5x lebih cepat.

Itu saja rangkuman perangkat baru yang diperkenalkan perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini. Bagaimana? Tertarik membelinya? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga