Menu Tutup

FlexPai, Smartphone Lipat Pertama di Dunia Siap Dirilis!

Hai Medforians!

Bermula dari imajinasi fiksi ilmiah, smartphone yang dapat dilipat akhirnya menjadi kenyataan.  Smartphone ini, bernama FlexPai, akan siap menyambangi masyarakat umum dalam waktu dekat!

Muncul Entah Dari Mana

Bukan Samsung, Apple, Sony, atau brand smartphone besar lainnya yang merilis HP seperti ini. Walaupun sudah ada konsep dan paten untuk inovasi semacam ini, belum ada implementasi nyata pada pasar smartphone.

Namun semua berubah semenjak pengumuman baru oleh Royole, perusahaan perintis smartphone lipat komersil pertama di dunia.

Dikutip dari GSMArena dan BBC News, pada tanggal 31 Oktober 2018, Royole memperlihatkan bentuk smartphone lipat pertama mereka. Perusahaan tersebut mempresentasikan produk terbaru mereka pada suatu acara di Beijing, Tiongkok.

Berbeda dari sebelumnya, FlexPai kali ini dapat dilipat sesuai dengan keinginan pengguna. Walaupun terlipat, smartphone ini dapat menjalankan fungsi yang terdapat pada smartphone umumnya.

Namun, pada saat penggunaannya, masih ada beberapa bug dan permasalahan lainnya yang harus diperbaiki sebelum dikirimkan kepada pembeli.

Dengan adanya announcement dan produk fisik nyata, maka bisa dikatakan bahwa Flexpai ini berhasil mengalahkan vendor smartphone besar lainnya.

BACA JUGA :  Realme X Resmi Rilis dengan Kamera "Pop-up"

Tampilan dan Spesifikasi

Pada dasarnya, smartphone ini adalah smartphone berlayar besar yang dapat dilipat untuk menghasilkan tampilan yang lebih kecil.

Penampakan FlexPai saat dilipat.

Dengan memiliki layar 7.3 inci (~18.54 cm), FlexPai jika dilipat akan memiliki layar bolak-balik dengan ukuran 4 inci (10.16 cm) dengan rasio layar 4.3. Namun, walaupun dapat dilipat, hasil lipatan smartphone ini akan sedikit tebal. Hal ini dikarenakan lipatan yang dihasilkan tidaklah rata atau flat, sehingga sedikit menonjol. Untuk memungkinkan lipatan, smartphone ini juga dibekali semacam engsel yang terdapat pada bagian tengah layar.

Sebagai bukti ketahanan smartphone ini, Royole meng-klaim bahwa PlexPai dapat dilipat hingga 200.000 kali.

Ketebalan standar smartphone ini adalah 7.6 mm, namun bila dilipat maka ketebalan keseluruhan menjadi ~15.2 mm.

Sebagai smartphone baru pada akhir tahun 2018, tentunya barang baru ini memiliki spesifikasi yang terbaru juga.

Selain memiliki ukuran layar yang besar, smartphone ini mengadopsi teknologi AMOLED. Hal ini tentunya untuk memungkinkan layar tersebut dapat terlipat, tidak seperti teknologi sebelumnya, seperti LCD.

Smartphone ini akan menggunakan sistem operasi Android dengan tambahan perangkat lunak Water OS.

Karena ukurannya yang besar, smartphone ini memiliki berat sebesar 320 gram. Tentunya hal ini membuat PlexPai lebih berat dari smartphone pada umumnya.

Untuk mesin utamanya, FlexPai dilengkapi dengan processor terbaru dari Qualcomm yang belum pernah dirilis, yaitu Snapdragon 8150. Mesin ini juga mengadopsi teknologi transistor ukuran 7 nm.

BACA JUGA :  Pisah dengan Android, Huawei Kembangkan HongMeng OS

Layaknya konfigurasi smartphone saat ini, Royole telah membekali FlexPai dengan dual-camera, yaitu 16 dan 20 megapixel. Seperti biasa, salah satu lensa akan berfungsi menjadi lensa telephoto.

FlexPai juga dibekali memori bawaan sebesar 128 GB dan RAM sebesar 6 GB. Tentunya ini akan memberikan pengalaman yang mengasyikan bagi pengguna, terutama bagi para gamers dan video watchers. Konfigurasi lainnya adalah 256 GB internal dan 8 GB RAM, serta 512 GB internal dan 8 GB RAM.

Penjualan

Untuk harga, PlexPai akan dijual dengan harga ¥9000 (Kurs Rp.19.723.050,- pukul 22:35 WIB).

Rencananya, smartphone ini akan mulai dijual dengan metode flash-sale pada bulan November. Kemudian, Royole akan mulai melakukan pengiriman ke konsumen pada bulan Desember tahun ini.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba HP yang bisa dilipat? Mari tanggapi!

 

 

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×