Google Mengkonfirmasi Mode Gelap Menolong Banyak Dalam Menghemat Baterai

Kreasi 10 Nov 2018

Hai MedForians!

Pernah menggunakan mode gelap di aplikasimu? Google mengkonfirmasi bahwa dengan menggunakan mode gelap, dapat membantu sekali dalam menghemat baterai. Kok bisa?

Beberapa waktu lalu pada Android Dev Summit, Google memberi data perbandingan daya yang dibutuhkan untuk beberapa warna berbeda. Google sendiri mengujinya menggunakan Pixel 1 untuk mendatanya.

Bisa dilihat bahwa warna putih merupakan warna yang paling boros. Hal ini membuat Google mengakui warna putih di seluruh aplikasinya sendiri dan dalam pedoman gaya Android itu jauh dari ideal. Itu ada di mana-mana dan itu tidak ada bedanya dengan Material Design revisi terbaru.

Untungnya, Google tampaknya mengakui nilai mode gelap. YouTube dan Google Messages sudah memiliki mode malam, dan Google juga membawa fitur itu ke aplikasi Telepon dan sedang mengujinya di Google Feed. Android-mu juga dapat diatur ke tema gelap untuk pengaturan cepat pull-down dan drawer aplikasi, tetapi Google belum menambahkan mode malam secara keseluruhan.

Sebagai contoh mode gelap yang datang untuk menyelamatkan baterai Anda, lihat saja perbedaan besar di bawah ini, di mana Pixel diatur ke 100 persen kecerahan. Penghematan energi dari mode gelap sangat jelas. Saya cenderung menempel pada tampilan tradisional dari aplikasi ini paling sering, karena saya menemukan teks putih pada warna hitam agak kasar di mata saya, tetapi bagus untuk melihat bahwa Google mengakui nilai mengurangi elemen berwarna putih. Membuatnya pilihan di mana pun itu masuk akal.

Bagaimana menurut MedForians? Lebih baik menggunakan mode gelap atau tidak?

Sumber : https://www.theverge.com/2018/11/8/18076502/google-dark-mode-android-battery-life

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design and Videography