Menu Tutup

Microsoft Perkenalkan Kumpulan Ikon Aplikasi Office Baru

Hai, MedForians!

Microsoft baru saja mengumumkan “penyegaran besar” dari ikon aplikasi Microsoft Office-nya di semua platform.

Setelah Sekian Lama Menggunakan Ikon Lama

Microsoft telah memperbarui ikon untuk aplikasi Office intinya seperti Word, Excel, Powerpoint, OneNote, dan Outlook, hingga aplikasi khusus Office 365 seperti SharePoint dan Microsoft Teams. Tak hanya itu, aplikasi “prosumer” seperti Skype dan OneDrive juga tak luput dari perubahan ini. Perubahan ikon Office terakhir dilakukan pada peluncuran Office 2013. Bahkan hingga Office 2019 yang dirilis beberapa minggu yang lalu memiliki ikon lama yang sama.

Jon Friedman, Kepala desain Microsoft Office menjelaskan logika di balik ikon baru dalam posting blog berikut:

Solusi desain kami adalah untuk memisahkan huruf dan simbol di ikon, pada dasarnya membuat dua panel (satu untuk huruf dan satu untuk simbol) yang dapat kita pasangkan atau pisahkan. Ini memungkinkan kita untuk menjaga familiaritas sambil tetap menekankan kesederhanaan di dalam aplikasi.

Memisahkan kedua aspek ini menjadi dua panel juga menambah unsur kedalaman, yang memunculkan konteks 3D. Melalui sistem yang fleksibel ini, kita mempertahankan tradisi sambil merubah sesuatu yang lama.

Kapan Ikon Baru Office Hadir?

Microsoft mengatakan bahwa ikon Office baru akan diluncurkan ke semua platform dalam beberapa bulan mendatang dimulai dari ikom aplikasi ponsel dan web. Microsoft juga menambahkan bahwa perubahan tersebut adalah bagian dari “perjalanan berkelanjutan.”

Selain ikon baru, Microsoft juga berencana untuk merubah user experience Office di seluruh platform dengan ribbon yang didesain ulang serta perubahan kecil lainnya. Mengingat pada konferensi Ignite pada bulan September lalu, Microsoft juga membuat perubahan besar untuk aplikasi Outlook Mobile-nya di iOS.

Ikon Aplikasi Bawaan Windows Juga Diubah?

Meskipun postingan blog Friedman tidak menyebutkannya, tampaknya Microsoft juga dapat menyegarkan ikon untuk banyak aplikasi bawaan Windows 10 seperti Mail dan Kalender, Foto, Kalkulator, dan lainnya.

Ikon Baru Beberapa Aplikasi Bawaan, Sumber : Office Blog, OnMSFT

Belum jelas kapan, atau ikon baru ini akan benar-benar hadir ke pengguna Windows 10, tetapi ini jelas merupakan perubahan yang menarik. Ikon baru terlihat sedikit lebih berwarna dibandingkan dengan ikon putih dan sederhana saat ini.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu menyukai ikon baru dari aplikasi Microsoft Office ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×