Menu Tutup

Lupakan 5G, China Bersiap Garap Internet 6G

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari perkembangan teknologi, dimana China akan memulai proyek prestisiusnya. Ya, China akan memulai proyek untuk menggarap internet 6G, disaat teknologi internet 5G baru saja rampung dibuat pada tahun ini.

Tentu MedForians masih mengingat perkembangan berita terkait beberapa vendor dan operator telekomunikasi masih dalam proses mematangkan diri mengadopsi teknologi 5G. Implementasi teknologi 5G sendiri diprediksi baru akan dimulai pada tahun depan. Namun, China sepertinya tak sabar untuk beranjak ke internet 6G.

Dilansir dari Kompas Tekno, saat ini, tim khusus yang menggodok 5G di bawah Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China dalam tahap persiapan untuk menghadapi era 6G. Hal ini dikemukakan sang kepala tim, Su Xin.

“Penelitian dan pengembangan awal jaringan 6G dimulai 2020,” kata Su Xin.

Jika semua proses lancar, jaringan internet 6G ditargetkan mulai komersil pada 2030 mendatang. Menurutnya, kecepatan jaringan internet 6G bisa 10 kali lebih andal ketimbang 5G. Jika dihitung, teknologi 6G bisa mencapai 1 TB per detik.

BACA JUGA :  Data Penumpang Bocor, Menkominfo Surati Amazon dan Panggil Lion Group

Selain itu, teknologi internet 6G juga diklaim bisa membawa perubahan revolusioner terhadap struktur jaringan kabel dan nirkabel karena bisa menyediakan layanan dengan jangkauan lebih luas dan lebih efisien.

Tapi China tak sendiri dalam mengembangkan teknologi internet 6G. Amerika Serikat, Rusia, dan Uni Eropa juga sudah mulai merancang konsep serta risetnya. Bahkan perusahaan telekomunikasi AS, Charter Communications pada Februari lalu mengaku sedang menguji coba teknologi internet 6G.

Seperti yang diketahui sebelumnya, jaringan 5G dengan kecepatan rata-rata 300 Mbps sudah membawa peradaban baru bagi masyarakat modern dengan memunculkan tren “Internet of Things”. Dengan adanya 5G, data 1GB bisa diunduh dalam waktu 28 detik. Jika dengan kecepatan maksimal sebesar 1 GBps, maka untuk mengunduh film sebesar 1 GB hanya memakan waktu satu detik.

BACA JUGA :  Data Penumpang Bocor, Menkominfo Surati Amazon dan Panggil Lion Group

Sejauh ini baru Verizon yang menggelar jaringan 5G komersil di empat kota Amerika Serikat, yakni Los Angeles, Sacramento, Houston, dan Indianapolis.

Tahun depan tentu bakal ramai implementasi jaringan ini, didukung ekosistem persaingan yang semakin mumpuni dari operator seluler maupun vendorĀ smartphone.

Sumber : Kompas Tekno, Solopos

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×