Menu Tutup

Menteri Keamanan Siber Jepang Mengaku “Tidak Pernah Pakai Komputer”

Hai MedForians!

Ternyata, Menteri Keamanan Siber Jepang, Yoshitaka Sakurada, mengaku tidak pernah menggunakan komputer dalam kehidupan karirnya.

Menteri Keamanan Siber Jepang, Yoshitaka Sakurada

“Semenjak saya mandiri dan berumur 25 tahun, saya sudah memberi instruksi kepada staf dan sekretaris saya. Saya belum pernah menggunakan komputer dalam hidup saya.” kutip portal media Kyodo News Agency.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh beliau sendiri saat pertemuan parlemen Jepang pada hari Rabu, 14 November 2018.

Yoshitaka Sakurada, adalah pria berumur 68 tahun yang saat ini menjabati posisi Menteri Keamanan Siber Jepang semenjak bulan lalu.

Beliau sekarang ini bertanggungjawab atas persiapan keamanan siber pada acara Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Jepang.

Tentunya ini adalah pernyataan yang sangat tidak terduga dari pemimpin yang bertanggungjawab atas keamanan siber dan komputer untuk suatu negara.

BACA JUGA :  Bunshun: Anggota Kalafina Ingin Kembali Bersama

“Tidak Akan Ada Masalah”

Setelah pernyataan ini dipublikasikan ke media, terdapat beberapa kritikan dari pihak masyarakat dan oposisi pemerintah.

“Sungguh tidak dapat dipercaya bahwa ada seseorang yang bertanggungjawab atas keamanan siber ternyata tidak pernah menggunakan komputer,” ujar Masato Imai, seorang politisi dari kubu oposisi di Jepang.

Walaupun begitu, Yoshitaka Sakurada memastikan bahwa beliau tetap memiliki pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan, serta percaya diri bahwa tidak akan ada masalah.

Dikutip dari BBC News, pada saat pertemuan semakin berlanjut dalam parlemen, beliau didapati kesulitan dalam menjawab suatu pertanyaan mengenai keamanan siber. Pada saat ditanya mengenai penggunaan USB (flashdisk) pada fasilitas nuklir Jepang, beliau menunjukkan sikap dan ekspresi kebingungan.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat Jepang. Bahkan, media dan masyarakat luar Jepang juga ikut mengikuti berita dan memberikan tanggapannya terhadap pernyataan yang tidak terprediksi ini.

Selain tanggapan dan kritikan, para netizen juga memberikan kata-kata guyonan dan satir. Ada beberapa pihak yang menanggap beliau dan sistem yang dimiliki akan sulit di-hack jika terdapat peretasan.

BACA JUGA :  Batik Analyzer: Aplikasi yang Bisa Mendeteksi Keaslian Batik #REPLIKA

Bagaimana menurut kalian, MedForians? Yuk beri tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×