Menu Tutup

Resmi, Sony Gunakan Emulator PCSX Untuk Konsol Playstation Classic

Playstation Classic

Hai, MedForians!

Berita terbaru buat MedForians yang tertarik untuk bernostalgia dengan game-game Playstation lawas melalui Playstation Classic. Setelah sebelumnya kehadiran NES Classic dari Nintendo, banyak pembuat console terjun pada trend yang sama, yakni merilis konsol mini berisikan puluhan game klasik untuk membuat gamer bernostalgia. Sony pun mengikuti langkah Nintendo dengan merilis Playstation Classic, konsol mini dari versi Playstation lawas, dan telah merilis daftar 20 game yang bisa dimainkan di konsol mini ini.

Namun, MedForians ada baiknya membaca review dari Kotaku terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan reviewer dari Kotaku telah mencoba konsol Playstation Classic, dan menemukan fakta menarik bahwa PlayStation Classic ternyata menggunakan emulator PCSX sebagai basis sistem operasi utamanya. PCSX sendiri merupakan program open source emulator populer PS1 untuk PC.

Banyak pro kontra diantara kalangan gamer terkait langkah Sony dalam menggunakan PCSX ke dalam Playstation Classic.

Di satu sisi, gamer menganggap Sony mengapresiasi software emulator open source daripada membuat sendiri emulatornya. Penggunaan emulator PCSX di PlayStation ini juga dianggap sebagai wujud dukungan dan kepercayaan Sony pada emulator ini. Namun di sisi lain, banyak gamer yang mengkritik penggunaan emulator di konsol game ini. Mereka menganggap PlayStation Classic ini hanya sebagai mesin emulator yang dijual mahal.

Ahli gaming Frank Cifaldi akhirnya merespon isu tersebut melalui akun Twitternya. Berikut isi tweet-nya :

Frank mengatakan kalau orang awam mungkin akan melihatnya dari sisi negatif saja, namun terkadang emulator gratis yang dikembangkan oleh “amatiran” nyatanya memang berkualitas dan bahkan lebih superior.

Hingga saat ini, Sony belum memberikan penjelasan resmi mengenai penggunaan emulator PCSX di PlayStation Classic. Sony sendiri pernah menuntut developer dari emulator tersebut, namun gagal. Setelah gagal memenangkan kasus tersebut, mereka memutuskan untuk membeli lisensi emulator, hanya untuk mematikan progres development-nya. Hal ini sempat dijelaskan oleh tweet dari Frank. Berikut isi tweet-nya :

Playstation Classic dijadwalkan rilis pada 3 Desember 2018. Sony sendiri membanderol Playstation Classic seharga USD 100, atau sekitar Rp 1,5 juta.

Sumber : Gamebrott , KotakGame

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×