Menu Tutup

Saingi Google dan Alexa, Huawei Ciptakan Asisten Digital

Xiaoyi

Hai, MedForians!
Berita terbaru dari teknologi hadir dari Huawei. Setelah sebelumnya redaksi memberitakan rencana produksi kacamata Augmented Reality, kali ini perusahaan teknologi raksasa dari China tersebut siap menyaingi Google Assistant dan Alexa untuk menciptakan asisten digital dengan kecerdasan buatan (AI) berbasis suara. Direncanakan, Huawei akan meluncurkan asisten digital di luar China, dan mendukung bahasa asing selain bahasa Mandarin.

Dilansir dari Kompas Tekno, Richard Yu, CEO Huawei mengonfirmasi pihaknya akan mengembangkan dan meluncurkan asisten AI-nya, yang diketahui bernama resmi Xiaoyi, ke negara di luar China, setelah sebelumnya hanya tersedia eksklusif di negara tersebut. Xiaoyi sendiri bisa ditemukan pada smart speaker bernama AI Cube dan smartphone.

“Kami meluncurkan asisten digital kami sendiri (Xiaoyi) secara eksklusif hanya di China.” ujar Yu.

BACA JUGA :  Scrittor, Aplikasi Catatan Dengan Tampilan Ciamik! #REPLIKA

Yu menambahkan pihaknya butuh waktu untuk mengembangkan asisten pintar berbasis suara ini.

“Butuh waktu tambahan untuk mengembangkan layanan AI kami agar dapat dinikmati di luar China.” tambahnya.

Ini berarti, selain bahasa China, yaitu Mandarin, Xiaoyi bikinan Huawei bakal hadir dengan dukungan bahasa lain. Kendati dia tidak menyebut bahasa apa yang sedang dikembangkan untuk asisten AI besutannya, namun diprediksi bahasa Inggris menjadi targetnya.

Lebih lanjut, walaupun ingin menyaingi asisten AI digital dari Amazon dan Google, pihak Huawei sendiri tidak melepas kerja sama dengan kedua raksasa tersebut. Huawei akan tetap menawarkan pengguna untuk menggunakan Xiaoyi atau menggunakan Alexa maupun Google Assistant.

BACA JUGA :  Viral: Motor Dirusak Pacar, Grab Beri Gratis Naik Ojek Sebulan!

Sumber : Kompas Tekno

Baca Juga