Menu Tutup

Tsuburaya Kini “Restui” Pembuatan Doujinshi Gridman

SSS Gridman

Hai MedForians!

Bicara soal Doujinshi atau karya derivatif lainnya, Tsuburaya Production dikenal sangat ketat dengan karya yang mereka produksi, bahkan mereka sempat melarang para penggemar mereka membuat karya-karya derivatif seperti doujinshi. Serial anime SSSS.GRIDMAN adalah salah satu produksi Tsuburaya yang dilarang dijadikan doujinshi oleh para penggemar. Mendengar berita ini, banyak penggemar Gridman yang takut untuk mencoba membuat karya dari anime yang sedang naik daun ini.

Karakter utama SSSS.GRIDMAN, Rikka Takarada dan Akane Shinjo selalu muncul dalam karya-karya derivatif Gridman.

Kini, mereka bisa bernafas lega, karena Tsuburaya memperbarui pedoman yang telah mereka buat mengenai doujinshi ditengah kepopularitas Gridman. Artinya, para penggemar Gridman kini diperbolehkan untuk membuat doujinshi dari anime ini!

BACA JUGA :  Good Smile Company Luncurkan Replika Elucidator Berskala 1:1

Namun, ada beberapa hal yang para penggemar harus perhatikan sebelum mereka langsung membuat doujinshi Gridman. Mengenai penggunaan materi, Tsuburaya melarang tegas penyalinan dan penyiplakan materi langsung dari serialĀ anime Gridman, ini mencakup gambar, video, logo, dsb. Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku untuk karya-karya derivatif seperti ilustrasi, manga, dan novel.

Bagi mereka yang ingin membuat dan mendistribusikan karya-karya derivatif dari serial ini, pembuatnya harus sesuai dengan pedoman yang telah dikeluarkan oleh Tsuburaya dan karya-karya ini tidak boleh melanggar ketertiban umum dan hak-hak individu lainnya. Untuk karya derivatif seperti doujinshi, karya-karya tersebut tidak boleh lebih dari sekedar “aktifitas penggemar” dan bagi mereka yang tetap melakukan produksi dan distribusi doujinshi untuk kepentingan komersil bisa mendapatkan sanksi oleh pihak Tsuburaya. Dalam pedoman tersebut, pihak Tsuburaya mengakui bahwa mereka tidak bisa merespons pertanyaan mengenai karya penggemar yang dibuat secara individual.

BACA JUGA :  Fire Force Umumkan Lagu Tema dan Desain Karakter Animenya

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×