Menu Tutup

Wiko Tommy 3, Smartphone dengan Virtual SIM Pertama di Indonesia!

Hai MedForians!

Kabar baru dari vendor smartphone Wiko, perusahaan telepon pintar dari Perancis. Perusahaan ini mengumumkan akan merilis smartphone terbaru mereka, yaitu Tommy 3 dan Tommy 3 Plus!

Apa itu Tommy 3?

Wiko, sebuah perusahaan asal Perancis, layaknya tahun lalu, membeberkan smartphone terbarunya pada bulan November.

Tommy 3 adalah nama lini smartphone terbaru dari Wiko. Smartphone ini disampaikan akan memiliki spesifikasi yang cukup bagus, serta dengan teknologi yang terhitung baru bagi masyarakat Indonesia.

Lini Tommy 3 terdiri dari dua macam telepon genggam yang berbeda, yaitu Tommy 3 dan Tommy 3 Plus.

Smartphone ini akan mengincar konsumen yang membutuhkan ponsel kelas entry.

Virtual SIM Card Pertama di Indonesia

Dikutip dari KompasTekno, Tempo.co, dan Tribun Jogja, dikatakan bahwa smartphone buatan Wiko ini akan berbeda daripada smartphone lainnya.

“Produk kami ini berbeda dengan produk lain, memiliki teknologi Virtual SIM Card dengan menggandeng Skyroam SIMO,” ungkap Adi Kusumo, Product Manager di Wiko Indonesia.

Secara singkat, yang dimaksud dengan Virtual SIM Card adalah fitur yang memungkinkan ponsel memiliki informasi yang umumnya terdapat pada kartu SIM. Hal ini memungkinkan pengoperasian telepon dan internet tanpa perlu kartu SIM maupun Wi-Fi. Layaknya sistem virtual, maka pengguna tidak memerlukan benda fisik untuk menyimpan informasi tersebut.

Kemudian, smartphone ini akan melakukan koneksi terhadap berbagai provider yang ada di Indonesia. Penentuan provider ini didasari oleh seberapa kuat sinyal tersebut terhadap ponsel pengguna.

“Misalnya, (sinyal) milik Telkomsel, atau Indosat, atau XL atau Smartfren. Sehingga, ponsel dapat terhubung ke internet lewat layanan Skyroam,” ungkap Adi ketika dihubungi KompasTekno, Jumat (2/11/2018).

BACA JUGA :  Google Cabut Lisensi Android untuk Huawei

Skyroam  SIMO adalah perusahaan berbasis internet yang akan menyediakan sistem Virtual SIM terhadap telepon genggam buatan Wiko ini. Skyroam telah menjalin kerja sama dengan operator seluler Indonesia. Hal ini akan memungkinkan pengguna Tommy 3 untuk menggunakan provider lebih dari satu operator.

Sinyal yang dimaksud adalah sinyal 4G, dan untuk menggunakan layanan ini maka pengguna perlu untuk mengeluarkan biaya tertentu. Biaya ini akan digunakan untuk membayar paket data Skyroam. Namun, paket ini terpisah dari paket data dari operator lokal.

“Skyroam punya kuota sendiri dan tidak terkait dengan operator apa yang digunakan (kartu SIM fisik). Misalnya saja pakai Tommy 3 dan Skyroam diaktifkan, kemudian Skyroam mendapatkan sinyal terbaiknya adalah Telkomsel, maka kuota yang terpotong adalah kuota Skyroam, bukan Telkomsel,” ujar Adi kembali saat dihubungi KompasTekno.

Harga dan Promo Penjualan

Untuk menarik pelanggan terhadap produk terbaru mereka, Wiko akan memberikan kuota secara cuma-cuma terhadap pembeli baru. Kuota yang dimaksud adalah kuota layanan Skyroam sebesar 1 GB/bulan selama 6 bulan pertama.

Jika kuota tersebut sudah habis, maka pengguna dapat melakukan pembelian dengan harga $0.8/GB (Dollar Amerika Serikat, Rp 11.803,92, kurs pukul 20:37 WIB).

Untuk saat ini, pembayaran baru bisa dilakukan dengan menggunakan PayPal atau kartu kredit. Kedepannya, metode pembayaran lainnya akan tersedia.

Wiko memasang harga sebesar Rp 999.000,- untuk Tommy 3. Versi keduanya, Tommy 3 Plus, dipasang dengan harga Rp 1.500.000,-

Spesifikasi

Walaupun memiliki harga yang cukup murah, lini telepon genggam Tommy 3 masih memiliki sistem yang mumpuni.

Kedua smartphone tersebut akan memiliki sistem operasi Android, dengan Tommy 3 memakai Android Go (Android versi lightweight, berbasis Oreo), dan Tommy 3 Plus memakai Android Oreo (8.1).

BACA JUGA :  Huawei Masuk "Blacklist", Warga China Boikot Ponsel iPhone

Keduanya tentunya akan mendukung berbagai fitur yang umum pada saat ini. Salah satunya adalah kemampuan 4G, Dual-SIM, Virtual SIM, Bluetooth, 3.5 mm audio jack, Wi-Fi, GPS, dan lainnya.

Walaupun tidak terdapat sensor fingerprint, smartphone ini memiliki fitur Face Unlock dalam kedua versi tersebut.

Kemudian, perbedaan dan persamaan lainnya dari Tommy 3 dan Tommy 3 Plus antara lain adalah:

Perbedaan

  • [Plus]         RAM 1 GB, 8 MP kamera belakang, layar IPS FWVGA+ (960 x 480), 2.500 mAh.
  • [Standard] RAM 2 GB, 13 MP kamera belakang, layar IPS HD+ (1440 x 720), 2.900 mAh.

Persamaan

  • 5 MP kamera depan, SoC MediaTek 6739 Quad-Core 1.3 GHz, memori internal 16 GB.

Tentunya dengan spesifikasi tersebut, pengguna setidaknya akan merasa nyaman dalam pemakaian sehari-hari. Namun, berdasarkan spesifikasi di atas, smartphone ini tidak dirancang untuk menjalankan aplikasi berat.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian akan segera membeli ponsel murah ini? Mari beri tanggapannya!

 

 

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×