Menu Tutup

Google Rilis Ponsel Wizphone, Dibanderol dengan Harga Terjangkau

Wizphone

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari dunia ponsel. Kali ini Google memperkenalkan feature phone (ponsel dengan kemampuan terbatas) yang terpasang dengan Google Assistant secara built-in bernama Wizphone, dan dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp 99.000,-. Ponsel ini juga diklaim sebagai ponsel pertama buatan dalam negeri.

Dilansir dari Kompas Tekno, Vice President Engineering Google Assistant, Scott Huffman memamerkan ponsel dasar tersebut, yang sudah dibekali dengan sistem operasi KaiOS, dalam sesi keynote Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

“Kami sangat senang memperkenalkan Wizphone, feature phone dengan Google Assistant built-in, dengan sistem operasi KaiOS”, papar Scott, seraya menunjukkan wujud Wizphone.

KaiOS sendiri adalah sistem operasi ponsel fitur di mana Google berinvestasi sebesar Rp 314 miliar pada Juni 2018 lalu. Selain dibekali KaiOS, ponsel ini memiliki bentuk candy bar dan ditenagai prosesor Qualcomm 8905 dengan RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB, dan baterai 1.800 mAh dengan waktu standy by 350 jam.

Scott menjelaskan untuk mengakses Google Assistant nantinya sangat mudah dengan ponsel ini, karena terdapat tombol khusus untuk memanggil virtual assistant Google. Tombol tersebut tepat berada di tengah bawah layar. Tekan tombol tersebut agak lama, maka Google Assistant akan muncul di layar. Setelah Google Assistant terbuka, pengguna bisa memerintahnya untuk mengirim pesan, memutar video, atau melakukan panggilan dengan perintah suara. Cara ini diklaim oleh dirinya lebih sederhana dibanding harus membuka aplikasi di dalam shortcut menu.

BACA JUGA :  Nama Versi Android Terbaru Tak Lagi Pakai Nama Manisan

Menurut Scott, teknologi kecerdasan buatan di Google Assistant Wizphone maupun aplikasi Google Assistant di smartphone tidaklah berbeda.

“Yang membedakan nantinya adalah fitur-fitur yang tersedia di ponsel tersebut,” kata Scott.

Di sisi lain, dilansir dari Liputan 6, Managing Director Google Indonesia Randy Mandrawan Jusuf mengungkapkan bahwa Google ingin menghadirkan ponsel terbaru yang bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia.

“Smartphone kan sudah banyak ya, tapi tidak semua orang dapat membelinya, kesenjangan ini cukup besar. WizPhone harganya terjangkau dan penggunaannya juga jauh lebih mudah,” kata Managing Director Google Indonesia Randy Mandrawan Jusuf.

Ia juga menuturkan bahwa Google akan menargetkan pasar menengah masyarakat, dimana nantinya akan bekerja sama dengan Alfamart dalam proses penjualannya.

“WizPhone yang dilengkapi Asisten Google ini akan diluncurkan melalui toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia, dengan harga hanya Rp 99.000 saja,” ungkapnya.

Selain mendapat dukungan Google Assistant, ponsel ini juga bisa digunakan untuk mengakses YouTube. Beberapa aplikasi yang umum ditemukan di smartphone juga terpasang di Wizphone, seperti aplikasi Google atau Twitter. Google menyebut jika Wizphone akan lebih menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA :  Perkenalkan Logo Baru Android OS, Lambangkan Keterbukaan

Ponsel Wizphone sendiri diproduksi secara lokal oleh PT Wiz Indonesia Nirwana. Google tidak menjelaskan secara detail soal kerja sama pembuatan Wizphone dengan PT Wiz Indonesia Nirwana.

Sebagai informasi, pada acara tahunan Google For Indonesia ketiganya ini, Google mengumumkan berbagai produk dan fitur baru seperti Jobs on Google Search dan Google Go. Fitur baru lainnya dari Google Assistant yang diumumkan adalah yakni “Book A Ride”, yang memudahkan pengguna untuk memesan transportasi online seperti Go-Jek atau Grab, dan fitur News Briefing yang bekerja sama dengan lima media di Indonesia, dan berfungsi membacakan sekian info terbaru yang bersumber dari media-media tersebut.

Sumber : Kompas Tekno, Liputan 6

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×