Menu Tutup

Iklan Shopee Diprotes Karena Blackpink Dianggap “Terlalu Seksi”

Hai, MedForians!

Situs belanja daring asal Singapura, Shopee akan berusia 3 tahun tanggal 12 Desember ini. Dalam rangka memperingati hari jadinya, Shopee meluncurkan sebuah kampanye bertajuk “Shopee 12.12 Birthday Sale” yang dibintangi oleh girlband asal negeri ginseng, Blackpink.

Iklan televisi pun diluncurkan oleh Shopee, dengan setting persis seperti video klip “DDU-DU DDU-DU”, lagu terpopuler girlband tersebut. Iklan ini selalu diputar di layar kaca beberapa televisi swasta di Indonesia. Tak hanya televisi, YouTube pun seringkali menampilkan iklan ini.

Sambutan baik pun datang dari penggemar K-Pop di Indonesia dengan adanya iklan ini. Namun, tak sedikit orang yang memprotes keberadaan iklan ini.

Seperti yang tertera pada laman petisi di situs Change.org berikut. Sang petisioner atas nama Maimon Herawati menuliskan di laman tersebut dan menyatakan iklan ini tidak layak ditayangkan di televisi. Petisi tersebut dilayangkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Sekelompok perempuan dengan baju pas-pasan. Nilai bawah sadar seperti apa yang hendak ditanamkan pada anak-anak dengan iklan yang seronok dan mengumbar aurat ini? Baju yang dikenakan bahkan tidak menutupi paha. Gerakan dan ekspresi pun provokatif. Sungguh jauh dari cerminan nilai Pancasila yang beradab.” tulisnya.

Menurutnya, iklan ini terlalu seronok karena menampilkan pakaian minim dan gerakan yang terlalu menggoda. Dan dianggap menampilkan perempuan sebagai objektifikasi. Tambahnya, iklan ini juga ditayangkan pada jam tayang acara anak, yakni pada acara “Tayo the Little Bus” di Rajawali Televisi.

BACA JUGA :  Kartun Spongebob Squarepants Hingga Promo Film Gundala Disanksi KPI

Ia menuntut agar KPI melarang penayangan iklan Shopee dan iklan seronok lainnya di televisi Indonesia, baik pada stasiun TV berbayar ataupun tidak. Selain itu, ia menuntut Shopee untuk menghentikan iklan seronok mereka pada kanal-kanal media sosial.

Tak cukup sampai disitu saja, ia juga mengajak agar orang tua mendesak KPI turun tangan, bahkan sampai memboikot Shopee jika petisi ini tetap tidak direspon.

BACA JUGA :  Kartun Spongebob Squarepants Hingga Promo Film Gundala Disanksi KPI

Sampai artikel ini diterbitkan, petisi ini telah ditandatangani oleh 73.731 orang setelah ditulis 2 hari yang lalu.

Sebelumnya, Shopee telah mengundang Blackpink untuk hadir dalam acara “Road To Shopee 12.12 Birthday Party”. Personil Blackpink pun juga menampilkan lagu ini di acara tersebut. Tak hanya Blackpink saja, puluhan artis lokal juga turut memeriahkan acara itu.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×