Menu Tutup

Ikuti Tren “Layar Bolong”, Huawei Nova 4 Resmi Rilis

Hai MedForians!

Setelah sebelumnya merilis Honor View 20 yang menggunakan desain “layar bolong”, perusahaan asal Tirai Bambu ini telah merilis smartphone baru dengan konsep yang sama!

Tren Baru

Huawei akhirnya merilis smartphone Nova 4 terbarunya setelah beberapa minggu dengan penuh rumor dan petunjuk dari perusahaan tersebut.

Dikutip dari GSMArena dan KompasTekno, smartphone terbaru buatan Huawei ini memiliki satu fitur yang berbeda daripada ponsel pada umumnya.

Fitur tersebut adalah desain “layar bolong” atau hole-punch camera. Desain ini menempatkan modul kamera depan pada suatu wadah kecil yang mirip seperti suatu “lubang”  yang terdapat pada sisi kiri atas layar ponsel.

Pada saat artikel ini ditulis, sebelumnya terdapat dua ponsel yang berbeda yang mengadopsi desain seperti ini, yaitu Galaxy A8s buatan Samsung, dan Honor View 20 oleh Huawei.

Konsep hole-punch ini dikabarkan akan menggantikan tren desain “notch” yang pertama kali diterapkan oleh Apple pada lini smartphone iPhone-nya.

Spesifikasi

Pada Nova 4, salah satu fitur yang paling dapat terlihat, selain desain hole-punch, adalah kamera. Untuk kamera depan, Huawei menempatkan sensor kamera dengan resolusi 25 megapiksel dan bukaan f/2.2.

BACA JUGA :  Resmi! Samsung Rilis Ponsel Layar Lipat Pertama, Galaxy Fold

Terdapat juga dua varian berbeda, yaitu versi yang lebih “high-end” dan versi standar.

Untuk bagian belakang, terdapat konfigurasi triple-camera atau tiga kamera.  Pada versi high-end, terdapat konfigurasi kamera dengan masing-masing berukuran 48 megapiksel dengan bukaan f/1.8, 16 megapiksel dengan bukaan f/2.2, dan 2 megapiksel dengan bukaan f/2.4yang digunakan sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh pada hasil foto.

Pada versi standar, perbedaan mendasar terdapat pada konfigurasi kamera utama, dengan versi standar hanya memiliki resolusi sebesar 20, 16, dan 2 megapiksel.

Untuk mesin utama, terdapat chip Kirin 970. SoC (Systems on a Chip) ini juga ditemui pada smartphone Huawei P20 Pro.

Terdapat juga RAM sebesar 8 GB, serta penyimpanan bawaan sebesar 128 GB.

Untuk ukuran layar, ponsel ini memiliki layar dengan besaran 6,4 inci (~16,25 cm) dan resolusi 2310 x 1080 piksel. Teknologi layar yang digunakan adalah IPS LCD.

Selain itu, Nova 4 juga memiliki baterai dengan kapasitas 3.750 mAh.

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 9.0 (Pie) dengan modifikasi antarmuka EMUI 9.0.1.

Fitur lain yang dimilki ponsel ini antara lain adalah fast charging 18W, USB-C, serta sensor fingerprint pada bagian belakang.

BACA JUGA :  Resmi Dirilis, Ini Harga Xiaomi Mi 9!

Harga

Pada saat ini, Huawei baru merilis Nova 4 pada negara asalnya saja, yaitu di Tiongkok / China. Nantinya, perusahaan ini akan merilisnya pada dunia internasional dalam waktu mendatang.

Untuk harga di pasar lokal, versi standar dipatok harga sebesar ~¥3100 (~Rp 6.5 juta) dan versi high-end dengan harga ~¥3400 (~Rp 7.1 juta).

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan perusahaan ini akan merilis smartphone terbarunya di Indonesia.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba ponsel dengan konsep “layar bolong” ini? Mari berikan tanggapannya.

Baca Juga