Menu Tutup

iPad Pro Kena Penyakit “Bengkok”, Apple Sebut “Wajar”

Hai, MedForians!

Sebuah sesuatu yang tidak terduga, ternyata sebagian dari produk iPad Pro edisi 2018 yang diproduksi memiliki cacat bengkok!

Keanehan Fisik

Muncul beberapa kabar di internet yang menyatakan bahwa pengguna produk Apple tersebut menyadari sesuatu yang aneh. Ternyata, terdapat sedikit “cacat fisik” yang terdapat pada iPad terbaru tersebut.

Beberapa pengguna perangkat tersebut kemudian mendiskusikannya dalam forum internet, yaitu MacRumors.

Dikutip dari The Verge, Engadget, dan KompasTekno, pada forum tersebut, terdapat para pengguna menunjukkan foto-foto yang memperlihatkan perangkat iPad Pro mereka yang terlihat melengkung atau bengkok.

(Gooberton, MacRumors)

Berdasarkan kesaksian mereka, dikatakan bahwa iPad Pro edisi 2018 menunjukkan kelengkungan tersebut tanpa sebab dan muncul dengan sendirinya. Mereka juga mengatakan perangkat mereka mulai terlihat bengkok, padahal pengguna tidak melakukan memberikan tekanan berlebihan dan pemakaian luar batas pabrik lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa perangkat ini dapat bengkok setelah beberapa hari pemakaian. Pemakaian ini juga dilakukan secara wajar, seperti menonton dan bermain.

Ada juga yang menemukan perangkat mereka telah bengkok setelah menaruhnya di dalam tas.

Bahkan, perangkat tersebut ditemukan telah memiliki cacat fisik tersebut langsung dari kotak penyimpanannya. Hal ini dialami oleh salah satu pengguna yang pada saat itu baru saja membeli iPad Pro baru.

Tentunya hal ini menimbulkan banyak tanda tanya terhadap perusahaan yang membuat perangkat tersebut, yaitu Apple.

Ini Kejadian Alami

Setelah mendapat berbagai macam keluhan dan komentar, kali ini Apple mulai angkat bicara mengenai fenomena aneh tersebut.

Menurut perusahaan asal Amerika tersebut, dikatakan bahwa kejadian “bengkok” terhadap produk iPad Pro terjadi akibat efek samping proses pembuatan atau manufaktur. Hal ini berdampak pada iPad Pro versi 11 inci (~27.94 cm) dan 12.9 inci (~32.76 cm).

BACA JUGA :  [Opini] Tidak Belajar dari Tahun Lalu, YouTube Rewind 2019 Makin Ironis

Pada saat tahap manufaktur, terdapat bagian proses pendinginan logam dan plastik pada kerangka tubuh atau chassis. Proses ini dikatakan memiliki efek samping yang membuat kerangka iPad Pro mudah melengkung.

Karena bahan dasar tubuh perangkat tersebut adalah berbasis alumunium, maka bagian ini terdampak pada proses pendinginan saat pembuatan perangkat.

Sehingga, Apple mengatakan bahwa kejadian ini adalah “normal”, atau sesuatu yang wajar dan dapat diprediksi akan terjadi. Hal ini juga membantah pernyataan sebagian pengguna bahwa terdapatnya cacat pabrik saat tahap produksi.

iPad Pro 11 inci versi seluler (The Verge)

Semua model iPad Pro, termasuk versi seluler dan Wi-Fi, terdampak pada fenomena ini. Pada versi seluler, lengkungan tersebut dapat terlihat jelas. Hal ini dikarenakan terdapat pemisah bahan logam yang digunakan untuk antenna dalam penguatan sinyal.

Solusi

Untuk pengguna iPad Pro yang terdampak dari efek samping tersebut, dikatakan bahwa Apple akan memperbolehkan penukaran barang. Syaratnya adalah perangkat tersebut masih dalam rentangan 14 hari pemakaian setelah pembelian pertama.

Pengguna dapat menghadiri gerai Apple Store terdekat untuk melakukan penukaran dengan produk baru.

Namun, ada beberapa pengguna, setelah melakukan penukaran, ternyata produk barunya masih memiliki kerangka yang melengkung.

Rapuh?

iPad Pro edisi 2018 terkadang dianggap sebagai perangkat yang terlalu tipis. Dengan memiliki dimensi 11 dan 12.9 inci, dikatakan bahwa produk ini terasa sediki rapuh dan mudah rusak.

Menurut Senior Vice President of Hardware Engineering Apple, Dan Ricco, dikatakan bahwa perangkat tersebut telah memenuhi syarat ketentuan kualitas, akurasi, dan desain. Perangkat tersebut dikatakan memiliki toleransi perubahan bentuk sebesar 400 microns (0.4 milimeter).

BACA JUGA :  MNC Vision Networks Segera Caplok First Media dan Link Net

Menurut Apple, perubahan bentuk atau kelengkungan yang dialami perangkat tidak akan berdampak pada performa sehari-hari.

Kemudian, terdapat juga video yang menunjukkan mudahnya untuk mematahkan sebuah perangkat iPad Pro di situs Youtube.

Sebelumnya, terdapat juga kejadian yang sama beberapa tahun lalu pada salah satu produk Apple, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Sempat viral, banyak beredar gambar yang menunjukkan tubuh perangkat tersebut melengkung, bahkan hingga bentuk yang berbeda, dan terkadang juga patah.

iPhone 6 yang mudah bengkok (Republika)

Sempat membantah hal ini sebagai cacat produksi, ternyata pada tahun 2016 Apple ketahuan berbohong kepada publik, yaitu dengan melontarkan pernyataan bahwa iPhone tersebut jarang terjadi dan aman-aman saja.

Nyatanya, berdasarkan dokumen internal Apple, iPhone 6 dan 6 Plus memiliki kecenderungan untuk melengkung pada saat tahap uji coba.

Walaupun begitu, semua kejadian ini bergantung pada bagaimana pemilik dalam menggunakan perangkatnya pada kehidupan sehari-hari.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga terdampak dengan kejadian ini? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×